Kompas TV nasional peristiwa

Luhut: Dulu Mandalika Paling Tidak Populer, Sekarang Jadi Buah Bibir Sampai Mancanegara

Kompas.tv - 22 November 2021, 13:25 WIB
luhut-dulu-mandalika-paling-tidak-populer-sekarang-jadi-buah-bibir-sampai-mancanegara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber: Akun Instagram Luhut Binsar Pandjaitan)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Mandalika yang dulunya merupakan destinasi super prioritas yang tidak populer kini telah berhasil menjadi buah bibir seantero negeri hingga mancanegara.

Menurut Luhut, hal ini lantaran kencangnya suara deru mesin motor-motor yang sedang melangsungkan balapan di Sirkuit Mandalika. Sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Di antara semua destinasi wisata super prioritas yang sedang dibangun, sehemat saya yang paling tidak populer adalah Mandalika. Namun saat ini, nama Mandalika menjadi buah bibir seantero negeri bahkan sampai ke mancanegara karena kencangnya suara deru mesin motor-motor yang sedang melangsungkan balapan di sirkuit ini," kata Luhut dikutip dari akun Instagram pribadi, Senin (22/11/2021).

Perlu diketahui, ada lima destinasi wisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca Juga: WSBK di Sirkuit Mandalika Rampung, Luhut: Penantian 24 Tahun Akhirnya Terbayar Lunas

Namun, sejak tahun 2018, Mandalika dipilih menjadi lokasi pembangunan sirkuit milik pemerintah yang memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan hingga kemudian selesai di tahun 2021.

Kemudian, menjadi lokasi ajang balapan internasional World Super Bike (WSBK) hingga dicanangkan sebagai lokasi balap MotoGP musim 2022 pada Maret mendatang.

Luhut juga mengaku bangga serta bahagia dapat meninjau dan melihat langsung ajang balapan yang digelar di sirkuit yang telah dinanti selama 24 tahun belakangan.

"Sebuah kebanggaan tersendiri ketika melihat sirkuit ini berhasil dibangun, diuji coba hingga terlaksananya lomba oleh seluruh penyelenggara," ujar Luhut.

Lebih lanjut, di tengah rasa bangga, Luhut menyatakan masih ada tugas besar yang harus dilakukan pemerintah. Terutama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ekonomi khusus Mandalika.

Baca Juga: Songsong MotoGP dan F1, Menhub Mulai Siapkan Prasarana Transportasi Mandalika Usai WSBK 2021

Salah satunya pemerintah akan melengkapi sarana transportasi hingga sarana penginapan di kawasan tersebut.

"Merapihkan apa yang belum tuntas mulai dari akses transportasi, penginapan hingga sarana yang ada," tulis Luhut.

"Dengan terus memberikan pendampingan kepada seluruh stakeholder yang ikut dalam helatan ini, saya percaya keberhasilan yang dibuat oleh anak-anak bangsa bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, tempat Mandalika berada," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x