Kompas TV nasional politik

Politikus Gerindra Minta Jokowi agar Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah F1

Kompas.tv - 22 November 2021, 09:38 WIB
politikus-gerindra-minta-jokowi-agar-sirkuit-mandalika-jadi-tuan-rumah-f1
Balap di Sirkuit Mandalika (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelenggarakan perhelatan Formula 1 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini setelah Indonesia sukses menggelar balapan motor World Superbike (WSBK) Mandalika 2021. 

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah MotoGP Maret 2022, Ini PR Sirkuit Mandalika

"Peluang F1 ini besar, karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah sesuai untuk F1. Tinggal ditambahkan fasilitas penerangan dan sistem sinyal elektroniknya saja."

"Karena itulah, tidak ada salahnya kami mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo Mandalika menggelar Formula 1 tahun 2023 atau di awal 2024," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Politikus Partai Gerindra itu menilai dengan nantinya Indonesia terpilih menjadi tuan rumah balapan mobil paling bergengsi di dunia tersebut, maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.  

“Usulan ini tidak muluk-muluk dan kami rasa layak untuk dipertimbangkan karena akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Malaysia dan Singapura saja bisa, tentu harapan kita semua Indonesia juga bisa,” ujarnya. 

Menurut dia, bila menilik dari kesuksesan WSBK 2021 yang sukses menyedot perhatian masyarakat, maka itu sudah pantas menjadi tolok ukur agar pemerintah Indonesia mampu bernegosiasi dengan pihak Formula 1.

Baca Juga: Luhut Sebut Sirkuit Mandalika Sudah Penuhi Standar Formula 1

"Hotel penuh, wisma penuh dan sampai rumah-rumah penduduk juga dipakai untuk tempat istirahat pengunjung. Belum lagi industri wisata dan UMKM lainnya,” kata dia.

Ia berharap, kesuksesan menggelar WSBK 2021 dapat berlanjut pada tahun depan ketika Sirkuit Mandalika akan menggelar Moto GP, lomba balap motor yang lebih bergengsi.

"Apalagi kalau sukses menggelar Motor GP Maret 2022 akan semakin mengangkat nama Indonesia di mata dunia," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan berbicara ihwal kans Indonesia menggelar balapan Formula 1 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Luhut menuturkan bahwa sirkuit yang memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan itu dinilai sudah memenuhi ekspektasi.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Sirkuit Mandalika, ITDC: Genangan Air Surut dalam Waktu Singkat

Bahkan Luhut menyebut kualitas aspal Sirkuit Mandalika sudah memenuhi standar untuk menggelar balapan Formula 1.

"Standar kualitas aspal dari event Formula 1 itu tidak perlu seperti ini. Ini sudah melebihi (standar) Formula 1," kata Luhut di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.