Kompas TV internasional kompas dunia

Langit Spanyol Sempat Ditutupi Awan Berbentuk Gelembung, Apa Itu Sebenarnya?

Kompas.tv - 22 November 2021, 06:00 WIB
langit-spanyol-sempat-ditutupi-awan-berbentuk-gelembung-apa-itu-sebenarnya
Awan berbentuk gelembung yang sempat menutupi langit Cordoba, Spanyol. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang menampilkan kondisi langit Cordoba, Spanyol yang berbentuk seperti gelembung viral di media sosial.

Dalam video yang beredar tampak cuaca tengah mendung dan awan berwarna abu-abu berbentuk gelembung. Kutipan dalam unggahan tersebut menyebut awan itu adalah awan Mammatus.

"Awan cumulus mammatus. Terbentuk kemarin di langit dan membuat kita merasa seperti terjebak dalam vivarium," tulis pengunggah @picka.bel, Senin (15/11/2021) silam.

Menanggapi fenomena unik di langit Spanyol itu, Kepala Sub Koordinator Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG) Ida Pramuwardani mengatakan awan itu adalah awan Mammatus.

"Ini mammatus clouds," jelasnya dikutip dari Kompas.com, Senin (22/11/2021). Namun, BMKG menyayangkan belum pernah membuat buku atau paper mengenai awan gelembung ini.

Baca Juga: Viral Remaja di Jeneponto Punya Suara Mirip Nike Ardilla, Wajib Dengar!

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PickaBel (@picka.bel)

Mengutip dari Laman Meteorologi Nasional Inggris awan berbentuk gelembung ini adalah formasi awan paling tak biasa dan khas.

Terdiri dari sejumlah tonjolan atau kanton yang muncul dari dasar awan, bentuk awan ini bervariasi mulai dari menonjol hingga silinder.

Baca Juga: Kronologi Yana Viral Hilang di Cadas Pangeran hingga Dikira Ngeprank Satu Indonesia

Nama Mammatus diambil dari bahasa Latin "Mamma" yang berarti payudara atau ambing.

Penampilan paling mencolok dari awan ini bisa terlihat ketika matahari rendah di langit dan kantong mereka dibingkai oleh sinar matahari seperti dalam unggahan yang beredar.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x