Kompas TV regional peristiwa

Hujan dan Air Kiriman Sebabkan Banjir di Kota Tebing Tinggi, 698 KK Terdampak

Kompas.tv - 21 November 2021, 22:23 WIB
hujan-dan-air-kiriman-sebabkan-banjir-di-kota-tebing-tinggi-698-kk-terdampak
Ilustrasi banjir. Sebanyak 10 kelurahan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, terendam banjir dengan ketinggian muka air berkisar 20 hingga 120 sentimeter, Minggu (21/11/2021). (Sumber: splash.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebanyak 10 kelurahan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, terendam banjir dengan ketinggian muka air berkisar 20 hingga 120 sentimeter, Minggu (21/11/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menjelaskan hal itu melalui keterangan tertulis.

Muhari menyatakan, banjir tersebut terjadi sejak Minggu dini hari (21/11) di lima kecamatan.

Baca Juga: Banjir Sintang Mulai Surut, Warga Tinggalkan Lokasi Pengungsian

Wilayah kelurahan yang terdampak di lima kecamatan antara lain Kelurahan Tebing Tinggi Lama, Badak Bejuang dan Bandar Utama di Kecamatan Tebing Tinggi Kota.

Selanjutnya, Kelurahan Brohol dan Bandar Sakti di Kecamatan Bajenis, Kelurahan Satria dan Tambangan Hulu di Kecamatan Padang Hilir, Kelurahan Pabatu dan Tualang di Kecamatan Padang Hulu, serta Kelurahan Sri Padang di Kecamatan Rambutan.

“Sebanyak 10 kelurahan yang tersebar di lima kecamatan teridentifikasi adanya genangan dengan tinggi muka air berkisar 20 hingga 120 cm,” jelasnya.

Berdasarkan informasi terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebing Tinggi, pada Minggu sore (21/11), pukul 17.30 WIB, ketinggian banjir meningkat, yang sebelumnya terpantau sekitar 20 hingga 70 cm.

“Di samping itu, BPBD setempat menyebutkan sebanyak 698 KK terdampak banjir yang terjadi pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat.”

Banjir tersebut terjadi akibat hujan dengan intesitas tinggi yang mengguyur kawasan Kota Tebing Tinggi.

Selain itu, kiriman air dari Kabupaten Serdang Bedagai juga mengakibatkan debit air Sungai Padang dan Bahilang meluap.

Merespons peristiwa ini, BPBD Kota Tebing Tinggi bersama dengan TNI, Polri, dinas terkait maupun relawan telah melakukan pemantauan dan pendataan di lapangan.

Baca Juga: 390 Rumah di Musi Banyuasin Terdampak Banjir Setinggi 70 Sentimeter hingga 1 Meter

“Petugas juga menyiagakan apabila harus melakukan evakuasi warga menuju ke tempat yang aman,” imbuhnya.

Dia juga menyebut, jika melihat prakiraan cuaca pada dua hari ke depan, beberapa wilayah kecamatan terdampak masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan di wilayah yang saat ini masih terjadi banjir.”

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x