Kompas TV nasional wawancara

BMKG Sebut La Nina Mempengaruhi Musim Hujan Kali Ini, Masyarakat Harus Apa?

Minggu, 21 November 2021 | 21:04 WIB

KOMPAS.TV - Bencana longsor dan banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Sementara masyarakat dinilai belum melakukan antisipasi menghadapi dampak bencana yang mengintai di musim hujan. 

Hampir 40-an warga yang bermukim di Dukuh Tugunongko, Desa Tugurejo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur harus mengungsi setelah longsor menerjang desa mereka.

Hujan selama  hampir sepekan menyebabkan longsor, hingga memutus tiga akses jalan desa. Material longsor berupa lumpur dan bebatuan meluncur dari atas tebing dan merusak bangunan milik warga.  

Bencana longsor juga melanda Kecamatan Pagentan, Banjarnegara Jawa Tengah pada Jumat lalu. Empat orang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan longsor.

Sementara itu, hujan deras yang terjadi sejak Sabtu hingga Minggu siang menyebabkan puluhan rumah di Kelurahan Waioti, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur teredam banjir.

Baca Juga: BMKG: Fenomena Alam La Nina Picu Peningkatan Aktivitas Curah Hujan

Ada 500 warga terdampak akibat banjir ini. Banjir juga menyebabkan sumur warga tidak bisa digunakan karena dipenuhi lumpur.

Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat sudah mulai surut. Namun sejumlah wilayah masih terendam banjir setinggi 80 sentimeter.

Banjir di Kabupaten Sintang sudah lebih dari satu bulan. Dari data BPBD Sintang ada 191 desa dari 12 kecamatan yang terdampak.

BMKG menyebut Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim. Untuk itu BMKG tengah menyusun rencana aksi nasional adaptasi perubahan iklim bersama Kementerian PPN/Bappenas.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


AIMAN

Misteri Tabrak Maut Handi-Salsa - AIMAN

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:58 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19