Kompas TV internasional kompas dunia

Penularan Covid-19 di Eropa dan Asia Meningkat, Bagaimana Indonesia?

Kompas.tv - 21 November 2021, 19:45 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kenaikan penularan covid-19 di sejumlah negara Eropa dan Asia selayaknya membuat Indonesia waspada. Kondisi penularan dalam negeri yang saat ini terkendali, tidak berarti kita boleh lengah, agar buruknya gelombang kedua Juli lalu bisa benar-benar kita hindari.

Pemerintah memutuskan akan menerapkan PPKM level 3 menjelang libur Natal dan Tahun Baru, meski sejauh ini penularan covid-19 di Indonesia relatif landai. Pendekatan konservatif ini dipilih, demi menghindari potensi penularan tinggi, setelah libur panjang. Yang harus kita pahami, angka penularan global covid-19 tidak main-main.

Negara-negara dengan penanganan awal pandemi yang baik pun, kini banyak yang kewalahan. Salah satunya akibat terus munculnya varian covid-19 dengan varian Delta sebagai salah satu varian paling mematikan.

Baca Juga: Menyesal Percaya Bualan Anti-Vaksin, Perempuan Ini Tertular Covid-19 dan Nyaris Mati 8 Kali

Angka dan data kenaikan penularan covid-19 selayaknya menumbuhkan kewaspadaan kita. Angka dan data tidak seyogyanya dipandang sebagai alat untuk menakut-nakuti, tetapi justru sebagai cerminan potensi risiko apa yang bisa muncul, andai Indonesia tidak berhati-hati. 

Apalagi saat ini penularan covid-19 di Indonesia relatif terkendali, membuat masyarakat dan pemerintah banyah yang lengah. Aktivitas sudah nyaris normal, mobilitas sudah sangat tinggi dan pelancong dari banyak negara sudah bisa keluar-masuk Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x