Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Beragam Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Termasuk Bantu Atasi Insomnia

Kompas.tv - 21 November 2021, 17:51 WIB
beragam-manfaat-buah-ceri-untuk-kesehatan-termasuk-bantu-atasi-insomnia
Mungkin banyak orang yang senang mengonsumsi buah ceri, tapi tahukah bahwa ceri mengandung banyak manfaat untuk tubuh? (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Mungkin banyak orang yang senang mengonsumsi buah ceri, tapi tahukah bahwa ceri mengandung banyak manfaat untuk tubuh?

Kandungan melatonin dalam jumlah tinggi dalam buah ceri dapat membantu meningkatkan waktu dan efisiensi tidur secara keseluruhan.

Anda juga akan menemukan vitamin A, vitamin C dan magnesium dalam ceri, menjadikannya pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda.

Tetapi sebelum menghabiskan semangkuk ceri, ahli diet terdaftar Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD, menjelaskan cara mengonsumsinya dan manfaat lain dari makanan super tersebut.

Bagaimana ceri membantu tidur?

Jika Anda mengalami insomnia akhir-akhir ini, ternyata Anda tidak sendirian. Insomnia memengaruhi jutaan orang.

Dilansir Cleveland Clinic, American Academy of Sleep Medicine melaporkan bahwa 33 persen orang dewasa mengalami insomnia singkat dan 10 persen orang dewasa mengalami insomnia kronis (tiga kali seminggu selama lebih dari tiga bulan) yang memengaruhi kemampuan mereka untuk berfungsi di siang hari.

Baca Juga: Agar Pikiran Tenang, Perbanyaklah Zikir Ringan Ini di Malam Hari sebelum Tidur

Ceri dapat membantu tidur dengan meningkatkan jumlah melatonin, yang sering disebut sebagai hormon tidur.

Melatonin, diproduksi secara alami di tubuh oleh kelenjar pineal otak dan dapat dikonsumsi sebagai suplemen, sebagian mengontrol siklus tidur-bangun tubuh.

Ceri tart memiliki sejumlah kecil melatonin dan triptofan, asam amino yang digunakan dalam produksi serotonin dan melatonin.

"Karena ceri asam memiliki enzim yang berbeda di dalamnya, mereka sebenarnya menyimpan triptofan di dalam tubuh lebih lama," kata Czerwony.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x