Kompas TV religi beranda islami

Inilah Sunah Rasul di Sekitar Kita yang Pahalanya Segunung, Apa itu?

Kompas.tv - 21 November 2021, 15:11 WIB
inilah-sunah-rasul-di-sekitar-kita-yang-pahalanya-segunung-apa-itu
Ilutrasi pagar rumah tetangga. Inilah beberapa sunah rasul di sekitar kita yang pahalanya segunung, apa saja itu? (Sumber: @PublicDomainArchive/pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada sebuah sunah Rasul yang pahalanya besar, bahkan lebih besar dari gunung sekalipun. Tapi banyak orang yang tidak menyadari.

Sebelum berbicara tentang ‘sunah rasul' itu, baiknya kita memahami bahwa dalam hidup, terkadang kita mengalami cekcok maupun ‘tidak baik-baik saja’ dengan tetangga.

Entah karena tetangga terkadang terlalu berisik, memarkir kendaraan dengan sembarangan maupun kegaduhan lain.

Ya, kita mungkin sesekali marah kepada tetangga, sebel dengan kelakuan mereka ataupun marah itu wajar saja. Selebihnya, mending kita tunjukkan kebaikan akhlak kita saja.

Sebab, kata Nabi, berbuat baik ke tetangga adalah sunah Rasul yang pahalanya besar sekali. Bahkan, sebesar gunung pun bisa jadi tidak muat menampung pahala sunah Rasul ini.

Baca Juga: Doa dan Zikir untuk Menghilangkan Stres yang Diajarkan Rasulullah

Berbuat Ke Tetangga adalah Sunah Rasul

Dalam kitab al-Adzkar Nawawi Karya Imam Nawawi disebutkan tentang Rasulullah dan kenapa ia begitu menganjurkan berbuat baik kepada tetangga.

Rasul bersabda:Artinya: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah berkata baik atau diam. Dan barangsiapa berian kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menghormati tamunya.” (HR. Bukhari-Muslim).

Selain itu, menjadi tetangga yang baik dapat membuat hidupmu lebih asyik lagi. Rasul juga bersabda terkait pentingnya menjadi tetangga yang baik.

"Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya." (HR At Tirmidzi ).

Begitulah. Rasul bahkan pernah punya tetangga Yahudi yang begitu benci terhadapnya, tapi beliau tetap berbuat baik terhadapnya.

Baca Juga: 70.000 Malaikat akan Mendoakanmu Jika Melakukan Amalan Ini

Cara Sederhana Sunah Rasul

Nah, sebagai tetangga yang baik, kita bisa memulai dengan berbagi makanan-makanan kecil ke tetangga kita, menanyakan kabar mereka hingga hal paling sederhana, tersenyum kepada mereka tatkala berjumpa.

Sebab, lewat hal-hal sederhana ini kita bisa melakukan sunah Rasul sederhana dan ‘menabung’ pahalanya yang begitu besar nantinya, bahkan sebesar gunung. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x