Kompas TV nasional politik

Pengamat: Parpol Bisa Meniru Muktamar NU agar Bersih dari Money Politic

Minggu, 21 November 2021 | 13:11 WIB
pengamat-parpol-bisa-meniru-muktamar-nu-agar-bersih-dari-money-politic
Panitia Muktamar NU ke-34 bersama Wapres Maruf Amin di kediamannya di Jakarta. Pengamat Politik Islam dari The Political Literacy mengatakan, parpol bisa meniru Muktamar NU agar bebas money politic (Sumber: Dokumentasi resmi Panitia Muktamar NU ke-34)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat Politik Islam dari The Political Literacy, Muhammad Hanifudin, menyebut peran strategis Muktamar NU ke depan agar bisa jadi pembelajaran bagi partai politik di Indonesia. Khususnya, terkait keteladanan soal politik uang atau money politic  yang dianggap wajar saja.

Meskipun, kata dia, secara faktual NU bukanlah partai politik dan berada di jalur non state (negara), tapi realitas berbicara bahwa ajang bertemunya para ulama ini akan berpengaruh dalam kontestasi politik di Indonesia.

“Muktamar NU ke depan saya rasa bisa jadi pembuktian bagi NU bebas dari money politic, dan bisa jadi pelajaran bagi parpol Indonesia melihat,” tegas Hanif kepada KOMPAS TV lewat pesan suara, Minggu (21/11).

Baca Juga: Pesan Adik Gus Dur pada Warga NU, Tetap ‘Santai’ Memilih Ketua PBNU di Muktamar

NU sebagai organisasi keagamaan terbesar, kata Hanif, bisa jadi alat pembuktian penggunaan money politic bisa ditinggalkan dalam proses kontestasi sebuah pemilihan ketua organisasi.

Hanif lantas mencontohkan, dalam setiap gelaran organisasi di parpol, baik itu munas maupun event lain secara faktual pengguanaan money politic ini terus ada. Itu realitas politik di sekitar kita yang seperti dianggap hal yang wajar.

Baca Juga: Regenerasi atau Tiga Periode, Said Aqil atau Gus Yahya: Siapa Ideal Jadi Ketua PBNU?

Untuk itulah, kata Koordinator Muslim Muda Indonesia ini, ajang Muktamar NU bisa jadi momen untuk pembuktian apakah money politic relevan atau tidak, atau justru Muktamar NU bisa membuktikan hal itu bisa dihindari.

“Idealnya nanti bisa ditunjukan di Muktamar NU bersih dari money politic. Ini harus dibuktikan secara nyata, pemilihan ketua PBNU tidak ada istilah money politic,” tandasnya.

Muktamar NU sendiri akan dilangsungkan di Lampung pada tanggal 23-25 Desember mendatang. Forum tertinggi organisasi yang didirikan sejak 1926 akan dipusatkan di pesantren Darussa'dah, Lampung. 

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19