Kompas TV nasional sosok

Meninggal Akibat Sakit Kanker Paru-Paru, Verawaty Fajrin Sempat Dijenguk Sejumlah Menteri

Kompas.tv - 21 November 2021, 12:02 WIB
meninggal-akibat-sakit-kanker-paru-paru-verawaty-fajrin-sempat-dijenguk-sejumlah-menteri
Menpora Zainudin Amali menjenguk Verawaty Fajrin yang tengah berjuang melawan kanker paru-paru dan menjalani pengobatan di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, Senin (20/9/2021). (Sumber: ANTARA/HO-Kemenpora)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tokoh dan pemimpin di Indonesia turut berduka setelah mendengar kabar legenda bulu tangkis Indonesia Verawaty Fajrin meninggal dunia pada Minggu (21/11/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya pahlawan bulu tangkis tersebut.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas berpulangnya legenda bulutangkis putri Indonesia, Ibu Hj. Verawaty Fajrin, pagi ini, di Jakarta," tulisan dalam akun Instagram Jokowi.

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Presiden Jokowi sempat memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memantau langsung Verawaty Fajrin saat dirawat di Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

Baca Juga: Jenazah Verawaty Fajrin Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Siang Ini

Diketahui, Verawaty Fajrin meninggal karena sakit kanker paru-paru yang dideritanya sejak tahun 2020 lalu.

"Saya datang ke rumah sakit ini sekaligus menyampaikan salam dari bapak Presiden. Jadi tadi pak presiden menyampaikan supaya saya segera datang ke rumah sakit ini membesuk Bu Verawati," ujar Menpora Amali pada 20 September 2021.

Selain Menpora Zainudin Amali, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga sempat menjenguk Verawaty pada 22 September 2021.

Erick Thohir bersama Direktur Utama Bank Nasional Indonesia (BNI) memberikan bantuan kepada Verawaty Fajrin sebesar Rp 350 juta untuk biaya pengobatan.

"Apa yang saya dan BNI lakukan hari ini, tidak sebanding dengan pencapaian yang sudah ditorehkan," ujar Erick kala itu.

Setelah mendengar kabar Verawaty Fajrin meninggal dunia, ia mengucapkan turut berduka hingga mengenang pertemuan terakhir saat di rumah sakit.

"Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Mba Verawaty Fajrin, legenda bulu tangkis Indonesia. Teringat pertemuan terakhir kami belum lama ini, Mba Vera bersemangat untuk menjalani pengobatan," tutur Erick Thohir seperti ditulis di akun Instagramnya, Minggu (21/11).

Baca Juga: Erick Thohir Sampaikan Rasa Duka Atas Kepergian Pahlawan Bulu Tangkis Verawaty Fajrin

Verawaty memang merupakan sosok perempuan yang turut mengharumkan nama bangsa di cabang olahraga bulu tangkis pada tahun 1980-an.

Berkat kerja kerasnya, Indonesia menorehkan namanya di beberapa kompetisi dunia seperti Sea Games, Asian Games, World Cup dan masih banyak lagi.

Semasa hidupnya, Verawaty Fajrin banyak menyabet gelar juara baik di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x