Kompas TV nasional hukum

Mafia Tanah Kasus Nirina Zubir, Sofyan Djalil: Jaringan Mereka Luas, PPAT sampai Kementerian ATR BPN

Minggu, 21 November 2021 | 07:50 WIB
mafia-tanah-kasus-nirina-zubir-sofyan-djalil-jaringan-mereka-luas-ppat-sampai-kementerian-atr-bpn
Rilis penangkapan tiga pelaku penggelapan aset orangtua Nirina Zubir, di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (18/11/2021) (Sumber: Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV— Mafia tanah di kasus yang tengah dialami artis Nirina Zubir ditengarai punya jaringan luas. Bahkan diduga hingga Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Hal ini seperti yang disampaikan sendiri Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil yang turut mengomentari permasalahan mafia tanah yang menimpa Nirina Zubir.

Menurutnya, kasus yang dialami Nirina terjadi karena ulah mafia tanah yang melibatkan oknum Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). 

"Mafia tanah hingga kini masih merajalela. Hal tersebut terjadi salah satunya karena jaringan mereka yang luas, mulai dari oknum PPAT, penegak hukum, pengadilan hingga Kementerian ATR/BPN," kata Sofyan Djalil dalam keterangan resminya, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga: Polisi Tutup Aliran Dana Para Mafia Tanah yang Tipu Nirina Zubir

Berkenaan dengan itu, Sofyan menegaskan bakal kian memperketat dan menindak tegas PPAT yang terlibat, supaya tak lagi lahir mafia-mafia tanah lainnya.

Ia pun memastikan PPAT yang terbukti terlibat kasus mafia tanah, akan langsung dipecat dan dicopot izinnya. Hal serupa juga berlaku bagi pegawai lingkup Kementerian ATR/BPN.

"Jika PPAT terlibat dan terbukti maka akan langsung dipecat dan dicopot izinnya, begitupun dengan pegawai Kementerian ATR/BPN karena sebenarnya tugas mereka ialah diperintahkan oleh negara untuk melindungi masyarakat," tegas dia.

Lebih lanjut Sofyan Djalili juga mengingatkan kepada masyarakat agar terus berhati - hati dalam mempercayakan sertifikat tanah atau dokumen penting yang berkaitan.

Baca Juga: Ditatap Tajam oleh Eks ART Dalang Penggelapan Sertifikat Tanah, Nirina Zubir Emosi


Sumber : Tribunnews

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x