Kompas TV regional peristiwa

TNI AU Sudah Tabur 3 Ton Garam di Udara, Hujan Lebat Tetap Turun di Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 20 November 2021, 23:09 WIB
tni-au-sudah-tabur-3-ton-garam-di-udara-hujan-lebat-tetap-turun-di-sirkuit-mandalika
Suasana saat para pembalap dan kru tim tergesa-gesa kembali ke paddock di tengah hujan deras yang mengguyur kawasan Sirkuit Mandalika jelang Race 1 kelas World Superbike, Sabtu (20/11/2021). (Sumber: Kompas.com/Alsadad Rudi)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

LOMBOK, KOMPAS.TV - Sebanyak tiga ton garam atau natrium klorida (NaCl) ditabur di atas awan di daerah Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat sejak Jumat (19/11/2021) untuk membuat hujan buatan.

Upaya yang dilakukan Pesawat Casa N212 TNI AU ini juga untuk mencegah hujan turun di sirkuit Mandalika yang sedang menggelar kejuaraan superbike (WSBK) pada 19 hingga 21 November 2021.

Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menjelaskan upaya tersebut agar mencegah hujan turun di area sirkuit Mandalika yang sedang melaksanakan ajang balap world superbike 2021.

Baca Juga: Aksi Kocak Pembalap WSBK Tunggu Badai di Mandalika Reda, Main Boneka Bebek hingga Mandi Hujan

"Jadi sebelum awan itu bergeser ke areal Sirkuit Mandalika, hujannya sudah jatuh saat bertemu dengan garam yang ditabur tim modifikasi cuaca TNI AU, itulah namanya rekayasa hujan," ujar Rizal di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Sabtu (20/11/2021), dikutip dari Antara.

Rizal menambahkan, garam yang ditabur di atas awan tersebut, berbentuk kasar yang didapat dari produk lokal. 

Diketahui, daerah Dompu, Bima dan daerah lain di NTB menjadi salah satu daerah penghasil garam nasional. 

Upaya mencegah hujan ini dilakukan hingga ajang balap selesai dilaksanakan. Rizal berharap cuaca dapat mendukung pelaksanaan balap di sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Kronologi Balapan Race 1 WSBK di Sirkuit Mandalika Sempat Ditunda karena Hujan Lebat

Danrem 162/WB hadir di areal Sirkuit Mandalika bersama Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal untuk memantau situasi keamanan sekaligus kesiapan personel yang berada di pos pengamanan.

Hasil pemantauan, Rizal meyakinkan situasi pada hari kedua pelaksanaan balap di Sirkuit Mandalika berjalan dengan aman dan tidak ada gangguan.

"Semoga situasi seperti ini, aman, nyaman, dan bisa berjalan hingga selesai," ujar Rizal.

Baca Juga: Ini Jadwal Terbaru Balapan WSBK Sirkuit Mandalika yang Tertunda usai Hujan Deras

Sebelumnya, ajang balap motor superbike kelas dunia ini sempat terhenti lantaran hujan deras yang mengguyur sirkuit Mandalika.

Dikutip dari Kompas.com, sedianya Race 1 WSBK Mandalika 2021 yang berlangsung pada pukul 15.00 WITA harus ditunda lantaran pada pukul 14.40 WITA atau saat para rider dan kru masing-masing tim sudah bersiap di trek untuk memulai balapan, hujan turun dengan deras. 

Sekitar pukul 16.00 WITA, intensitas hujan di Sirkuit Mandalika mulai menurun. Namun, balapan di sirkuit Mandalika itu akhirnya dihentikan setelah tak ada tanda-tanda hujan akan mereda. 

Race director memutuskan menggeser jadwal ke hari Minggu (21/11/2021) sekitar pukul 11.00 WITA. Pengumuman itu disampaikan secara tertulis sekitar pukul 16.10 WITA. Dengan demikian, Race 1 dan Race 2 akan dihelat di hari yang sama.

Baca Juga: Antisipasi Karhutla di Sumsel, 800 Ton Garam Disemai untuk Hujan Buatan

Dorna Sport dan panitia lokal menyepakati, balapan akan ditunda hingga pukul 11.00 WITA sehari setelahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x