Kompas TV religi beranda islami

Doa Salat Hajat, Lengkap Beserta Tata Cara dan Waktu agar Keinginan Dikabulkan

Kompas.tv - 20 November 2021, 11:19 WIB
doa-salat-hajat-lengkap-beserta-tata-cara-dan-waktu-agar-keinginan-dikabulkan
ilustrasi doa salat hajat, berikut adalah bacaan dan waktu, serta tata cara salat hajat (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika ingin hajat (keinginan) dikabulkan Allah SWT, selain berusaha dan doa, dalam Islam dianjurkan untuk melakukan Salat Hajat.

Salat hajat hukumnya sunnah, dianjurkan jika memiliki hajat yang mendesak dan penting terkait masalah hidup.Tentu saja, sebagai manusia biasa, ada saja persoalan dalam hidup yang menggelayuti pundak kita. 

Terkait waktu dilaksanakan salat hajat, sebenarnya tidak ada aturan baku waktunya. Tapi, ulama menganjurkan di waktu-waktu mustajab untuk berdoa.

Waktu mustajab untuk doa misalnya, ketika malam hari, khususnya di sepertiga malam. Anda bisa melakukan salat tahajud terlebih dahulu, lantas salat hajat dan berdoa.

Adapun niat salat hajat adalah Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala, artinya: Aku niat salat Hajat dua rakaat, karena Allah Ta’ala

Baca Juga: Doa Salat Tahajud yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Tata Cara Salat Hajat  

Cara Salat Hajat pada dasarnya sama dengan salat sunah lain. Yakni 2 rakaat dengan satu salam. Jumlahnya, para ulama ada yang menganjurkan untuk 12 rakaat. Tiap dua rakaat dengan satu salam.

Setelahnya baru membaca doa salat hajat di bawah ini, lantas dilanjutkan dengan doa pribadi (hajat).

  1. Salat dua rakaat (atau 12 rakaat) seperti lazimnya salat sunah
  2. Dianjurkan membaca Surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al-Ikhlas (atau Surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya).
  3. Memperbanyak zikir dan selawat
  4. Baca doa hajat.
  5. Doa kepada Allah menyatakan hajat pribadinya.

Baca Juga: Doa Sapu Jagat, Doa Rutin yang Dibaca Nabi agar Selamat Dunia Akhirat

Doa Salat Hajat

Doa salat hajat, untuk tatacara lengkapnya bisa lihat di bawah untuk cara salat hajat (Sumber: Kompas.tv/Dedik Priyanto)

Teks latin:  La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil ‘arsyil karimil ‘azhim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. As’aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada‘ li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar raahimin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Jangan Kau biarkan satu dosa yang ada padaku kecuali Engkau mengampuninya. Jangan pula Kau biarkan kebimbangan ada padaku, kecuali Engkau membebaskannya. Jangan pula Kau biarkan suatu kebutuhan yang sesuai ridha-Mu kecuali Engkau memenuhinya. Wahai Tuhan yang maha pengasih.

Semoga lewat doa dan salat hajat, segala keinginan kita terkabulkan oleh-Nya. Amin.

Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x