Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Cerita Legend Losmen Bu Broto Gambaran Keluarga Indonesia Asli

Kompas.tv - 20 November 2021, 10:15 WIB
cerita-legend-losmen-bu-broto-gambaran-keluarga-indonesia-asli
Cerita dalam film Losmen Bu Broto merupakan cerita legend yang masih relevan untuk dinikmati oleh generasi muda saat ini karena menggambarkan keluarga Indonesia asli. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Cerita dalam film 'Losmen Bu Broto' merupakan cerita legend yang masih relevan untuk dinikmati oleh generasi muda saat ini karena menggambarkan keluarga Indonesia asli.

Sutradara film 'Losmen Bu Broto', Ifa Isfansyah, menjelaskan hal itu saat hadir sebagai narasumber pada acara Sapa Indonesia Akhir Pekan Kompas TV, Sabtu (20/11/2021).

Menurutnya, popularitas cerita dalam film itu secara kontekstual masih sangat related dengan penonton saat ini.

“Rasanya sekarang ini penonton Indonesia membutuhkan film yang bisa menarik penonton untuk ke bioskop, tapi tetap dapat sesuatu yang sangat relate dengan penonton sekarang,” ucapnya.

Baca Juga: Syuting Film Losmen Bu Broto, Maudy Koesnadi Merasa Seperti akan Kondangan

Menurutnya, meskipun venue dan cerita yang bergaya tahun 1980 an tapi masih sangat relevan dengan generasi-generasi yang sekarang.

“Inisiatifnya datang dari PH (production house) kami, Pak Andi Budiman yang sangat suka sekali dengan Losmen ini, saya pun waktu kecil juga ada experience menonton serial ini,” lanjut Ifa.

Yang terpenting dari film ini, lanjut Ifa, adalah semua karakter yang ada di film 'Losmen Bu Broto' tersebut benar-benar bisa menggambarkan keluarga Indonesia asli.

“Walaupun ber-setting di Jawa, dalam hal ini di Jogja. Karakter, solusi-solusi yang mereka sampaikan itu sangat menggambarkan Indonesia,” tuturnya.

“Dan kita tahu di kondisi seperti ini keluarga harus menjadi pondasi utama, itu yang paling menarik dari cerita ini.”

Film ini menampilkan kisah tentang keluarga Bu Broto, yang terdiri dari Bu Broto, Pak Broto, Tarjo anaknya yang paling bungsu, Mbak Pur dan Jeng Sri, serta Atmo yang membantu di losmen itu.

“Itu satu gambaran keluarga utuh tapi dalam konteks yang tidak sempurna dalam artian ya tetap punya masalah masing-masing, yang mereka sambil bekerja sama membangun losmen ini sambil menyelesaikan permasalahan yang ada di keluarga itu.”

Baca Juga: 3 Fakta Film "Losmen Bu Broto" yang Dibintangi Maudy Koesnaedy dan Mathias Muchus

Sementara, pemeran Bu Broto dalam film tersebut, Maudy Koesnadi, menambahkan, Bu Broto dalam film itu menampilkan sosok perwakilan seorang ibu.

“Bagaimana seorang ibu punya harapan dan cita-cita untuk anak-anaknya, bagaimana impian dia dalam membangun losmen, cita-cita dan kariernya, begitu,” ucapnya.

Dalam film tersebut, lanjutnya, karakter Bu Broto berbeda dengan karakter yang ada di serial TV 'Losmen' dulu.

“Itu yang kita garap bersama para sutradara, para  produser dan juga atas bimbingannya Tarjo yang sekarang sudah menjadi Pak Broto, dalam membuat bentuk karakter Bu Broto dalam film Losmen Bu Broto ini.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.