Kompas TV olahraga kompas sport

Jadi Kebanggaan Indonesia, Sirkuit Mandalika Dirampungkan dalam Waktu 14 Bulan

Kompas.tv - 20 November 2021, 09:07 WIB
jadi-kebanggaan-indonesia-sirkuit-mandalika-dirampungkan-dalam-waktu-14-bulan
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang menjadi kebanggaa Indonesia ternyata dirampungkan dengan cepat dan tepat waktu. 

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan, pembangunan sirkuit anyar tersebut hanya diselesaikan dalam waktu 14 bulan sehingga World Superbike (WSBK) 2021 bisa digelar.

Selain dikerjakan tepat waktu, Sirkuit Mandalika juga dinyatakan telah lulus homologasi oleh Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM).

Berdasarkan inspeksi lapangan yang dilakukan oleh FIM pada Kamis (18/11/2021), sirkuit baru kebanggaan Indonesia itu dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021.

"Ini adalah kabar gembira bagi kita semua dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit yang baru," kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dikutip dari Antara pada Sabtu (20/11/2021).

"Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balapan motor internasional," tambah Ricky.

Baca Juga: Ini 5 Aturan yang Wajib Anda Ketahui sebelum Nonton WSBK di Mandalika

Untuk diketahui, di dunia olahraga otomotif, homologasi merupakan proses penilaian semua aspek balap terhadap standar yang telah ditentukan guna mendapatkan lisensi atau izin sebagai syarat untuk menggelar balapan.

Homologasi meliputi beberapa aspek yaitu aspal trek, area run-off, pagar pembatas, hingga pit building, serta fasilitas kesehatan di sirkuit, yang perlu dipertimbangkan demi membuat event balapan berlangsung aman.

"Selesainya homologasi, memacu semangat kita untuk semakin all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang berlangsung hari ini," kata Ricky, Jumat.

Baca Juga: Faktor X Sirkuit Mandalika yang Bisa Menyebabkan Balapan Tidak Tertebak

Jadwal WSBK Mandalika 2021

Sebagai informasi, pada Jumat (19/11/2021), telah berlangsung rangkaian balapan IATC dan WSBK. Balapan dimulai 09.00 hingga 16.15 WITA terdiri atas 6 sesi free practice IATC dan WSBK serta IATC race 1.

Lalu, hari ini Sabtu (20/11/2021) terdapat 8 sesi, termasuk IATC race 2 & 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK free practice dan race 1 , yang dimulai pukul 09.00 hingga 16.30 WITA.

Pada Minggu (21/11/2021) mulai pukul 09.00 hingga 16.15 WITA, terdiri dari 7 sesi termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners’ Awards Presentation.

Penyelenggara Asian Talent Cup (IATC) dan WSBK mulai 19 hingga 21 November itu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Semua penonton yang ingin menyaksikan harus membeli tiket dan menunjukkan negatif hasil swab antingen atau tes negatif PCR.

Dijadwalkan Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk balapan MotoGP pada Maret 2022.

Baca Juga: Sepeda Listrik Buatan Lokal Jadi Kendaraan Operasional di WSBK Mandalika



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x