Kompas TV nasional sosial

Ini Gaji Pekerja Sektor Pertambangan hingga Real Estat di Indonesia 2021

Kompas.tv - 20 November 2021, 07:54 WIB
ini-gaji-pekerja-sektor-pertambangan-hingga-real-estat-di-indonesia-2021
Ilustrasi gaji. Banyak orang meyakini bahwa pekerja pada beberapa bidang memiliki gaji atau penghasilan yang lebih besar daripada bidang lainnya. (Sumber: Pixabay/Mohamad Trilaksono)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Banyak orang meyakini bahwa pekerja pada beberapa bidang memiliki gaji atau penghasilan yang lebih besar daripada bidang lainnya.

Salah satu bidang pekerjaan yang selama ini diyakini memiliki gaji yang besar adalah pekerja di bidang pertambangan.

Sebagai gambaran tentang besaran dan informasi seputar pekerja dengan gaji tertinggi di Indonesia 2021 bisa dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai upah atau gaji buruh.

Berdasarkan data BPS, buruh/karyawan/pegawai adalah seseorang yang bekerja pada orang lain atau instansi/kantor/perusahaan secara tetap dengan menerima upah/gaji baik berupa uang maupun barang.

Baca Juga: Mengintip Gaji TNI AU dari Pangkat Prajurit hingga Marsekal Beserta Tunjangannya

Seseorang dianggap memiliki majikan tetap jika memiliki 1 majikan yang sama dalam sebulan terakhir.

Buruh yang tidak mempunyai majikan tetap, tidak digolongkan sebagai buruh/karyawan/pegawai, tetapi sebagai pekerja bebas.

Data upah atau gaji yang disajikan adalah upah penduduk yang bekerja dengan status/kedudukan dalam pekerjaannya adalah buruh.

Data BPS ini disajikan dengan mengambil sumber data dari Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari dan Agustus 2021.

Setiap tahunnya BPS mencatat data rata-rata upah buruh pada bulan Februari dan Agustus. Dari data BPS tersebut tercermin gambaran mengenai berapa gaji buruh di Indonesia pada umumnya.

Selain gaji rata-rata buruh di Indonesia, BPS juga menyampaikan data lebih rinci mengenai pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia 2021.

Pada Februari 2021, rata-rata upah buruh tercatat sebesar Rp2.860.630 untuk semua bidang pekerjaan.

Sedangkan pada Agustus 2021, upah buruh di semua bidang pekerjaan rata-rata adalah Rp2.736.463.

Selain adanya perbedaan besaran gaji buruh pada Februari dan Agustus 2021, juga terdapat perbedaan rincian pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia pada bulan Februari dan Agustus 2021.

Baca Juga: Intip Gaji TNI AD dan Tunjangannya dari Pangkat Tamtama hingga Jenderal



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x