Kompas TV regional berita daerah

Bangkitkan Pariwisata Jember, Bupati Hendy Mendorong Wisata Gratis Dilengkapi UMKM (2)

Kompas.tv - 19 November 2021, 23:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto tengah melakukan negosiasi dengan pihak perhutani agar tempat wisata yang ada di kawasan perhutani, seperti pantai papuma, tiketnya digratiskan. Harapannya dengan tiket gratis, kunjungan wisatawan ke Jember meningkat.

“Kita lagi bernegosiasi (dengan perhutani) tentang harga tiket (untuk Pantai Papuma). Kalau saya ingin gratis saja, seperti di Bali, gak ada yang bayar, semua tinggal masuk saja ke pantainya, tapi yang paling penting, setiap wisatawan yang datang harus makan disana dan pulang harus bawa oleh-oleh,” Kata Hendy Siswanto dalam talkshow Sapa Jember di KompasTV Jember, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Bangkit Pariwisata Jember dengan Perluas Vaksinasi, Perbaiki Jalan dan Gratis Tiket (1)

Hendy menambahkan semua pemangku kepentingan harus memikirkan caranya bagaimana wisatawan itu menjadi tertarik untuk membelanjakan uangnya membeli makanan, souvenir dan oleh-oleh di tempat wisata.

Salah satu caranya dengan memperbaiki atau menyiapkan fasilitas kuliner dan pusat oleh-oleh di tempat wisata dengan melibatkan pelaku usaha kecil menengah. Dari perputaran uang dan transaksi itu akan ada uang yang masuk ke pengelola wisata.

“Kalau tidak seperti itu, tidak ada uang yang masuk, padahal kita buat biaya perawatan lokasi wisata, butuh biaya untuk keamanan dan anggaran kebersihan. Tapi jika fasilitas (UMKM) yang ada di tempat wisata tidak memenuhi, iya kembali lagi ke bayar tiket,” terang Hendy Siswanto.

Baca Juga: Angkot hingga Ojek Disulap Jadi Angkutan Wisata, 1 Rute 3 Destinasi Wisata

Hendy kini tengah berupaya menyamakan persepsi terkait tiket wisata dengan pihak perhutani untuk selanjutnya dimasukan dalam kerjasama. “ Dalam waktu 1 atau 2 Bulan Kedepan (Desember atau Januari), akan kami umumkan tiket wisata gratis atau tidak, atau harganya diturunkan, supaya terjangkau,” kata Hendy.

Hendy berharap kedepan tidak ada lagi wisatawan yang mengeluhkan mahalnya biaya tiket masuk tempat wisata di Jember. Hendy juga yakin pihak perhutani dan pemangku kepentingan lainnya akan menyetujui usulannya agar tiket wisata gratis.

 

#WisataGratis #PariwisataBangkit #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.