Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan PM Malaysia Najib Razak Batal Ambil Hak Rumah sebagai Mantan Perdana Menteri

Kompas.tv - 20 November 2021, 00:25 WIB
mantan-pm-malaysia-najib-razak-batal-ambil-hak-rumah-sebagai-mantan-perdana-menteri
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mencabut permintaannya untuk tempat tinggal dari pemerintah yang diduga senilai 100 juta ringgit, meski punya hak sebagai mantan perdana menteri untuk mendapat rumah dari negara, seperti diberitakan Straits Times, Jumat, 19 November 2021  (Sumber: Bernama via Malaysianow)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mencabut permintaannya untuk mendapatkan tempat tinggal dari pemerintah yang diduga senilai 100 juta ringgit, meski dia punya hak untuk mendapatkannya.

Pemberian tanah dan dana untuk membangun rumah di atasnya memicu kontroversi hanya beberapa hari sebelum pemilihan negara bagian hari Sabtu di Melaka, di mana Najib memimpin kampanye koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpin UMNO.

Pada konferensi pers di Melaka, Najib mengatakan dia telah membuat keputusan untuk menolak tawaran itu.

“Saya menyadari dan memahami ketika rakyat sedang menghadapi masa-masa sulit, prioritas bangsa adalah rakyat,” katanya seraya menambahkan isu tersebut dipolitisir karena Pilkada Melaka, seperti diberitakan Straits Times, Jumat (19/11/2021).

Najib juga mengungkapkan, dia mengajukan permintaan tanah dan rumah pada tahun 2018 lalu setelah  menjadi presiden UMNO pertama yang kalah dalam pemilihan umum.

Para pengkritik, seperti mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, mengeklaim pemerintah yang dipimpin UMNO memberi persetujuan atas penghargaan dari negara bagi setiap mantan perdana menteri itu senilai RM100 juta.

Baca Juga: Parlemen dan Publik Malaysia Murka Mantan PM Terpidana Korupsi Dapat Rumah Senilai 100 Juta Ringgit

Foto udara Bukit Petaling, Kuala Lumpur, lokasi sebidang tanah yang dipilih Najib Razak untuk dibangun rumah dengan total biaya 100 juta ringgit sebagai hak dari mantan perdana menteri (Sumber: Malaysianow.com)

Menteri Keuangan Tengku Zafrul Aziz mengatakan kepada parlemen, Kamis (18/11/2021), masalah itu memang dibahas di Kabinet, tetapi dirinya menolak untuk menyatakan apakah pembahasan masalah tersebut sudah selesai.

Dia juga menunjukkan bahwa permintaan Najib itu baru terungkap, dan karenanya tidak diperhitungkan dalam APBN Malaysia tahun 2022 yang diajukan pada 29 Oktober.

Menteri Hukum de facto Wan Junaidi Wan Jaafar mengatakan, pemerintah menawarkan kepada mantan perdana menteri tiga bidang tanah untuk dipilih satu.

“Pada prinsipnya, kabinet setuju untuk mengabulkan permintaan mantan perdana menteri atas dasar haknya menurut hukum. Namun, saya harus menekankan keputusan ini belum final dan masih dalam pertimbangan dan persetujuan akhir,” katanya dalam sebuah pernyataan.



Sumber : Straits Times/Malaysianow

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.