Kompas TV regional berita daerah

Percepatan Pembangunan Kawasan Tambak Udang Kalimantan Tengah

Kompas.tv - 19 November 2021, 14:50 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Terobosan-terobosan untuk memulihkan ekonomi Kalimantan Tengah di masa pandemi terus dilakukan. Salah satunya dengan percepatan pembangunan kawasan tambak udang.

Percepatan pembangunan kawasan Tambak Udang Vaname, Shrimp Estate Kalteng seluas 40 hektar menjadi fokus pemulihan ekonomi di wilayah Kalimantan Tengah.

Gagasan ini didukung dengan potensi kelautan dan perikanan Kalimantan Tengah yang memiliki 7 kabupaten pesisir dan berhadapan langsung dengan laut.

Kalteng juga memiliki panjang garis pantai sepanjang lebih dari 700 kilometer dan potensi laut mencapai 94.500 kilometer persegi.

Diharapkan, program Shrimp Estate ini juga dapat terintegrasi dengan wisata dan industri perikanan.

Akan dibangun kelengkapan fasilitas seperti klaster tambak, irigasi tambak, laboratorium nutrisi pakan dan pabrik pakan.

Ditargetkan, panen perdana dari Tambak Udang atau Shrimp Estate akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang.

Baca Juga: Petambak Udang Digital di Pemalang Mulai Panen

Sebelumnya, Kabupaten Sukamara membangun klaster budidaya udang Vaname di tahun 2020 seluas 5,2 hektar dan terus berkembang luas. 

Pembangunan Shrimp Estate dapat menjadi model nasional yang memberikan dampak tumbuhnya pelaku usaha tambak udang Kalteng, sehingga mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya peninggakatan pendapatan para pelaku usaha dan masyarakat pesisir.

Serta tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan asli daerah Provinsi Kalimantan Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x