Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ekspor Karet Tanah Air Rendah, Kementerian PUPR Kenalkan Inovasi Aspal Karet di Dubai Expo 2020

Kompas.tv - 19 November 2021, 12:24 WIB
ekspor-karet-tanah-air-rendah-kementerian-pupr-kenalkan-inovasi-aspal-karet-di-dubai-expo-2020
Ilustrasi. Sejumlah petugas sedang melakukan pengaspalan jalan tol. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkenalkan inovasi aspal karet saat di Dubai Expo 2020. (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pada kesempatan Dubai Expo 2020, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkenalkan inovasi aspal karet.

“Penggunaan aspal karet telah diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas jalan di beberapa daerah di Indonesia," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/11/2021).

Indonesia merupakan negara penghasil karet terbesar kedua di dunia setelah Thailand.

Sekitar 85 persen produksi karet dalam negeri sesungguhnya masih diekspor dalam bentuk karet mentah, sedangkan sisanya menjadi konsumsi dalam negeri.

Namun melihat kondisi saat ini, permintaan ekspor karet mentah yang rendah menyebabkan kelebihan pasokan di dalam negeri dan berimbas pada turunnya harga karet nasional.

Dari masalah tersebut, Kementerian PUPR berupaya untuk memanfaatkan potensi karet di sektor infrastruktur, salah satunya dengan mengolah karet sebagai bahan tambahan untuk produksi aspal (aspal karet) demi meningkatkan konsumsi karet dalam negeri.

Baca Juga: Pabrik Aspal Karet Rakyat Di Musi Banyuasin

Sejumlah daerah di Indonesia telah menerapkan penemuan ini dan terbukti sangat bermanfaat. Karet dapat memperpanjang periode kualitas jalan serta meningkatkan tingkat ketahanan aspal.

Selain itu, aspal karet memiliki tingkat kepadatan yang lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda saat aspal dalam kondisi basah, dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan aspal biasa.

Beberapa ruas jalan yang menggunakan aspal karet, antara lain Jalan Ciawi-Sukabumi, Jalan Karawang-Cikampek, Jalan Ajibarang-Banyumas-Klampok-Banjarnegara, dan batas Jalan Muara Beliti-Musi-Rawas-Tebing Tinggi-Kabupaten Lahat.

Lewat Expo 2020 Dubai, Kementerian PUPR akan menyasar calon investor yang memperhitungkan potensi karet ini di pasar internasional melalui forum bisnis.

Salah satunya, pada minggu ini, Paviliun Indonesia memperkenalkan penemuan aspal karet yang dapat mengubah industri transportasi dan mobilitas.

Baca Juga: Bikin Bangga, Batik Motif Biota Laut Mejeng di Expo 2020 Dubai, Pemerintah: Representasi Indonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x