Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP: Kampanye Pemilu 2024 saat Ramadan Rentan Politik Identitas

Kompas.tv - 19 November 2021, 11:28 WIB
politikus-pdip-kampanye-pemilu-2024-saat-ramadan-rentan-politik-identitas
Ilustrasi. Kampanye dua pasangan calon wali kota Surabaya (Sumber: KompasTV Surabaya / Tim Liputan )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, pihaknya mendukung penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengusulkan pelaksaan Pemilu 2024 berlangsung pada 21 Februari atau sebelum bulan Ramadan tahun 2024.

Poltikus PDIP itu menjelaskan, setidaknya ada beberapa alasan yang perlu diperhatikan terhadap pelaksanaan pemilu agar tidak ditetapkan di bulan suci tersebut. 

Pertama, pihaknya ingin ada jeda waktu yang cukup antara pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan kepala daerah untuk menyelesaikan berbagai macam dinamika.

Baca Juga: PKB Minta Mahfud MD dan Mendagri Jalankan Arahan Jokowi Terkait Penetapan Waktu Pemilu

Selain itu, perlunya waktu yang cukup antara pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan akhir masa jabatan presiden. Hal ini dikarenakan tidak adanya kepastian mengenai jumlah kontestan pada Pilpres 2024.

“Tidak ada jaminan kontestan pada Pilpres tahun 2024 hanya dua kontestan. Sangat memungkinkan lebih dari dua kontestan. Karena pemenang Pilpres itu setidaknya memperoleh suara 50 persen plus satu," kata Rifqinizamy di Jakarta, Jumat (19/11/2021). 

Ia mengingatkan pentingnya menghindari masa kampanye dalam Pileg maupun Pilpres saat Ramadan tahun 2024. Rifqinizamy tidak ingin menjadikan Ramadan sebagai ajang kampanye terselubung.

“Jangan cemari Ramadan dengan menjadikan ajang kampanye terselubung berkedok politik identitas, politik SARA dan lainnya." 

"Karena itu sangat memungkinkan menjadi bahan bakar efektif untuk menyulut perpecahan di antara kita sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Baca Juga: Pimpinan Komisi II Sebut KPU Akan Umumkan Jadwal Pemilu 2024 Awal Desember

Ia berharap Pilpres 2024 tidak hanya dijadikan sebagai euforia dan dinamika demokrasi. 

“Kami tidak ingin bertaruh soal persatuan bangsa ini hanya sekedar untuk menegosiasikan Ramadan masuk dalam masa kampanye pada pemilu 2024,” kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.