Kompas TV olahraga kompas sport

Pemerintah Beri Lampu Hijau, LIB: Uji Coba Penonton Liga 1 Perlu Izin Polri Lagi

Kompas.tv - 18 November 2021, 19:00 WIB
pemerintah-beri-lampu-hijau-lib-uji-coba-penonton-liga-1-perlu-izin-polri-lagi
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita (kiri) didampingi Direktur Operasional Sudjarno. (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2021-22 lewat Direktur Utama Akhmad Hadian Lukita menyebut uji coba penonton di stadion masih perlu izin dari Polri lagi.

Pemerintah Indonesia sendiri sebenarnya sudah memberikan izin perihal kehadiran penonton di stadion.

Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 60 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasa Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2, serta Level 1 untuk wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 15 November 2021.

Pemerintah memberi lampu hijau bahwa sekitar 25 persen dari kapasitas maksimum stadion dapat diisi oleh pentonton atau terbanyak 5000 orang saat tahap uji coba.

Namun, Akhmad Hadian Lukita selaku Direktur Utama LIB menyebut masih membutuhkan izin Polri lagi untuk melakukan uji coba tersebut.

Baca Juga: PT LIB Tetapkan Series Ketiga Liga 1 Digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta

"Perlu izin tersendiri karena izin sebelumnya Liga 1 berlangsung tanpa adanya penonton," jelas Akhmad Hadian Lukita, dikutip dari ANTARA.

Akhmad Hadian menyebut pihaknya telah berkoordiniasi dengan semua pihak sebelum melakukan uji coba ini. Dirinya juga menyebut bahwa rencana uji coba kehadiran penonton di Liga 1 sudah mencapai tahap akhir.

"Minggu ini, tim akan melaporkan hasil kerja mereka kepada direksi LIB. Sekarang semua tinggal tahap akhir. Setelah itu, kami melaporkannya kepada pemerintah," tambah pria asal Jawa Barat itu.

Sebagai catatan, Pemerintah hanya membolehkan penonton yang negatif virus corona dan sudah menerima dosis penuh vaksin Covid-19

Baca Juga: Jawaban PT LIB soal Sosok Pakai Rompi Antimafia Bola yang Terlihat di Lapangan

Pemerintah juga membatasi uji coba ini hanya dilakukan pada satu pertandingan di tiap gameweek. Soal penentuan pertandingan mana, itu menjadi hak PSSI dan LIB.

LIB berencana menguji coba kehadiran penonton di stadion Liga 1 2021-2022 pada Desember 2021 atau saat Seri III Liga 1 di Stadion Manahan, Solo.

Nantinya, penonton yang berada di stadion pada masa uji coba adalah para undangan yang jumlahnya sekitar 100-200 orang.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x