Kompas TV nasional politik

Bantah Jokowi, Demokrat: Banjir Sintang Terjadi karena Pembukaan Lahan Masif

Kompas.tv - 18 November 2021, 14:13 WIB
bantah-jokowi-demokrat-banjir-sintang-terjadi-karena-pembukaan-lahan-masif
Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Demokrat tak setuju dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan banjir di Sintang terjadi akibat adanya kerusakan lingkungan di wilayah tangkapan hujan yang sudah berlangsung puluhan tahun. 

"Apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo itu tentu keliru besar jika mengatakan kerusakan catchment area di DAS Hulu Sungai Kapuas sudah berpuluh-puluh tahun," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021). 

Ia menjelaskan, faktanya, banjir besar dan berlangsung lama di Sintang baru terjadi saat ini. 

Baca Juga: Jokowi: Banjir Sintang karena Kerusakan Daerah Tangkapan Hujan Berpuluh Tahun

"Terakhir banjir besar tahun 80-an. Itu artinya ada perubahan tutupan lahan yang masih beberapa tahun terakhir ini di DAS hulu Sungai Kapuas," ujarnya. 

Menurut dia, solusi yang ditawarkan Presiden Jokowi akan bangun persemaian dan laksanakan penghijauan di DAS hulu sungai Kapuas, tidak efektif.

Sebab itu hanya akan menghabiskan uang negara, melalui kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kemen LHK yang terbukti gagal dalam keberhasilan tumbuh selama ini. 

Ia mempertanyakan ihwal rencana penghijauan di area penggunaan lain, tapi kenyataannya kini izin usaha sudah diberikan ke pengusaha perkebunan dan tambang. 

"Mau melakukan reboisasi di kawasan hutan pun tidak efektif karena di bagian hulu DAS sungai Kapuas merupakan kawasan konservasi, hutan lindung dan kawasan hutan produksi yang sudah ada izin usaha pemanfaatannya," kata dia. 

Ia menyebut, yang paling tepat adalah meninjau Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Provinsi Kalbar juga RTRW Kabupaten di hulu DAS sungai Kapuas. 

"Jangan ada lagi penerbitan izin perkebunan, tambang juga HPH dan HTI di hulu sungai Kapuas. Itu kunci pengendalian banjir di sepanjang DAS Kapuas," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.