Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Lawan Kampanye Hitam Sawit, BPDPKS Danai Penelitian

Kompas.tv - 18 November 2021, 13:22 WIB
lawan-kampanye-hitam-sawit-bpdpks-danai-penelitian
Ilustrasi pendanaanpenelitian untuk tangkal kampanye hitam tentang sawit. (Sumber: Antara)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) terus berupaya dalam program penelitian pengembangan pasar minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO). Itu sebabnya, penelitian yang menjadi alat dalam menangkal kampanye hitam terhadap sawit ini mendapat kucuran sejumlah dana dari BPDPKS.

“Sejak berdiri  2015 hingga saat ini, BPDPKS telah mendanai program penelitian dan pengembangan yang bekerja sama dengan 69 Lembaga Litbang baik milik Pemerintah, Perguruan Tinggi maupun Non Perguruan Tinggi yang melibatkan 840 Peneliti Senior, serta 346 Mahasiswa,” sebut Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman, Rabu (17/11/2021), dilansir dari Kontan.co.id.

Baca Juga: Siap-siap, Harga Makanan Bakal Ikutan Naik Buntut Kenaikan Harga Minyak Goreng

Dari program tersebut, terdapat 232 kontrak kegiatan penelitian dan pengembangan sawit, menghasilkan  201 publikasi ilmiah nasional dan internasional, serta 42 paten terdaftar dan penerbitan 6 buku.

Namun, Eddy tidak memberikan perincian berapa besar alokasi dana untuk program ini. Ia hanya menyebut  selain upaya perlawanan diskriminasi, riset juga dapat digunakan untuk kepentingan komersial.

Dalm hal ini, terdapat sejumlah riset memiliki nilai jual dan dimanfaatkan publik, seperti salah satunya yakni, pengembangan tandan kosong menjadi glukosa

Baca Juga: Diboikot Uni Eropa, Ini Langkah Presiden Jokowi Untuk Jaga Harga CPO



Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.