Kompas TV regional berita daerah

Relawan Perbaiki Rumah Warga Rusak untuk Mengurangi Resiko Bencana

Kompas.tv - 18 November 2021, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANGKALAN, KOMPAS.TV - Tingginya potensi bencana alam di akhir tahun membuat Bupati Bangkalan Jawa Timur beserta sejumlah relawan bergotong royong memperbaiki atap dan tembok rumah warga yang rawan roboh. Perbaikan diprioritaskan untuk rumah warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Sejumlah relawan bencana alam beserta Bupati Bangkalan Jawa Timur, Abdul Latif Amin Imron turun ke perkampungan, pada Rabu (17/11/2021). Mereka mendatangi rumah warga miskin yang bagian atap dan dindingnya rapuh.

Selanjutnya mereka bergotong royong memperbaiki dinding rumah warga dengan cara disemen agar lebih kuat dan mengganti atap kayu agar lebih kokoh dan tidak mudah roboh, meski disapu angin kencang dan diterjang hujan deras.

Baca Juga: Tak Dapat Bantuan Perbaikan Rumah, Korban Gempa Tinggal di Kandang Kambing

Bupati Bangkalan, Abdul Latif Amin Imron mengatakan bahwa bantuan perbaikan rumah diprioritaskan untuk warga miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Selain membantu sesama di masa pandemi, kegiatan itu juga untuk mengurangi resiko bencana alam, seperti meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun luka. Selain perbaikan rumah, warga juga diberi bantuan sembako dan uang tunai.

Sedikitnya sudah ada 20 rumah warga yang sudah diperbaiki dan tersebar di Kelurahan Pangeranan Kota Bangkalan. Aksi sosial itu akan terus dilakukan dan diperluas dengan menggunakan dana swadaya atau iuran dari kalangan dermawan, relawan dan pejabat.

 

#MitigasiBencana #PerbaikanRumah #BupatiBangkalan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x