Kompas TV regional berita daerah

Normalisasi Bendungan untuk Cegah Banjir dan Irigasi Pertanian

Kompas.tv - 18 November 2021, 10:38 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur mempercepat normalisasi dan pembangunan bendungan saluran irigasi persawahan. Kegiatan itu untuk meningkatkan produksi pertanian sekaligus mengantisipasi banjir.

Salah satu normalisasi bendungan irigasi, yang menjadi perhatian Pemkab Jember adalah bendungan arah tiga yang terletak di Desa Jumerto, Kecamatan Patrang.

Baca Juga: Wabup Jember Turun ke Lokasi Banjir, Percepat Evakuasi Korban dan Bantuan Logistik

Bendungan arah tiga ini mengalami kerusakan parah sejak beberapa tahun terakhir akibat terjangan banjir bandang dari Gunung Argopuro.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa bendungan arah tiga mampu mengairi persawahan hingga 2500 hektar yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Dengan normalisasi itu, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan mewujudkan ketahanan pangan di Jember.

Baca Juga: Sungai Tanggul Meluap, Ratusan Rumah di 2 Desa Terendam Banjir

Di musim penghujan, bendungan air juga menjadi pengendali banjir, terutama banjir bandang yang datang dari lereng gunung argopuro.

Hendy Siswanto mengajak seluruh masyarakat ikut merawat bendungan arah tiga, karena juga berfungsi sebagai penampung air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

 

#NormalisasiBendungan #BanjirBandang #GunungArgopuro



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x