Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Joe Biden Kemudikan Mobil Listrik sampai Berdecit Ngepot untuk Promosi di AS

Kompas.tv - 18 November 2021, 09:08 WIB
presiden-joe-biden-kemudikan-mobil-listrik-sampai-berdecit-ngepot-untuk-promosi-di-as
Presiden Amerika Serikat Joe Biden kemudikan mobil listrik di Detroit untuk promosikan program Infrastruktur usulannya yang baru disetujui Senin lalu oleh kongres AS. Saat mengendarai, Biden tampak keasyikan hingga mobilnya berdecit-decit dan sedikit ngepot. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

DETROIT, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden naik ke belakang kemudi Hummer SUV listrik pada Rabu (17/11/2021) dan melesat hingga ban berdecit-decit dengan sedikit ngepot.

Hal itu dilakukan dalam uji coba untuk mempromosikan investasi kendaraan listrik bernilai miliaran dolar, seperti dilansir Straits Times, Kamis, (18/11/2021)

"Ada yang mau lompat di belakang, atau di atap?" Biden bertanya kepada wartawan setelah melakukan beberapa putaran di pabrik General Motors.

"Si brengsek ini adalah sesuatu yang lain!" kata Biden memuji mobil yang dikemudikannya.

Uji mengemudi di pabrik perakitan kendaraan listrik General Motors di Detroit, kota terbesar di Michigan, adalah bagian dari tur nasional Gedung Putih mempromosikan program infrastruktur senilai USD1 triliun yang diusulkan Biden, seorang Demokrat.

Program infrastruktur usulan Biden itu mendapat persetujuan Kongres hari Senin lalu.

Undang-undang itu  menyediakan dana USD7,5 miliar untuk membangun jaringan pengisian kendaraan listrik negara, investasi yang menurut industri akan menginspirasi lebih banyak orang Amerika untuk membeli kendaraan listrik, dan produsen untuk membuat lebih banyak mobil listrik.

Penjualan kendaraan listrik (Electric Vehicle) hanya menyumbang 1,8 persen dari penjualan di pasar kendaraan baru Amerika Serikat tahun 2020.

Di Detroit, Biden memuji pembuat mobil Tiga Besar Detroit, terutama GM atau General Motors, karena merangkul EV.

"Dalam industri otomotif, Detroit memimpin dunia dalam kendaraan listrik," kata Biden.

Dia tidak menyebutkan Tesla, pembuat mobil Amerika Serikat yang menyumbang hampir 80 persen dari penjualan EV AS tetapi tidak berserikat.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x