Kompas TV nasional peristiwa

Serahkan Tongkat Komando Kepala BNPB ke Suharyanto, Ganip: Kinerja Beliau Tak Ada Cacat

Kompas.tv - 18 November 2021, 05:50 WIB
serahkan-tongkat-komando-kepala-bnpb-ke-suharyanto-ganip-kinerja-beliau-tak-ada-cacat
Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto (dua kiri) beserta istri berfoto bersama Letjen TNI Ganip Warsito (dua kanan) beserta istri usai melaksanakan serah terima jabatan Kepala BNPB di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (17/11/2021).. (Sumber: Humas BNPB)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Letjen TNI Ganip Warsito secara resmi menyerahkan tongkat komando penanggulangan bencana nasional kepada Mayjen TNI Suharyanto.

Adapun Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dihelat di Ruang Serbaguna Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Dalam acara tersebut, Ganip memberikan selamat dan dukungan penuh kepada lulusan Akademi Militer angkatan 1989 itu sebagai nahkoda baru dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Dia juga menilai keputusan Presiden Joko Widodo melantik Suharyanto untuk mengantikan kepemimpinan dirinya sangat tepat.

Meningingat, kata Ganip, Suharyanto dinilai dapat mengemban tugas sebagai Kepala BNPB dengan baik. 

"Saya percaya saya mengenal adinda Mayjen TNI Suharyanto ini sejak beliau masih Letnan sampai sekarang, selalu bekerja dengan baik dan tidak ada cacat satu pun. Saya tahu persis," kata Ganip dalam keterangan tertulisnya, Rabu. 

Ganip juga melihat sosok Suharyanto memiliki kapasitas dan segudang prestasi yang dapat mendukung penanganan bencana di Tanah Air sesuai UU Nomor 24 Tahun 2007.

Pada kesempatan yang sama, Suharyanto memohon dukungan dari seluruh pihak, khususnya keluarga BNPB agar penanggulangan bencana di Tanah Air dapat lebih maksimal dan membawa perubahan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Profil Mayjen TNI Suharyanto, Kepala BNPB pengganti Letjen Ganip Warsito

"Saya memohon dukungan dari rekan-rekan sekalian. Mari kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Presiden yang selama ini sudah ditunjukkan dengan sangat baik oleh para pendahulu kami, khususnya yang telah ditunjukkan oleh Letjen TNI Ganip Warsito dan para senior ini bisa kita lanjutkan," ujarnya. 

Dukungan tersebut sangat penting, pasalnya menurut Suharyanto menggantikan posisi Ganip sebagai Kepala BNPB tentunya tidak mudah. 

"Saya menggantikan Pak Ganip ini tidak mudah. Pak Ganip ini di TNI AD cukup populer, bahkan kami junior ini menganggap beliau jenderal penolong," ungkapnya.

Untuk diketahui, Suharyanto merupakan perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1989.

Sebelum dilantik sebagai Kepala BNPB, beliau menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya. 

Pria yang lahir di Cimahi, 8 September 1967, juga tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara pada 2019-2020. 

Baca Juga: Jokowi Lantik Mantan Pangdam V Brawijaya sebagai Kepala BNPB, Lulusan Terbaik Sesko TNI 2013



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x