Kompas TV nasional wawancara

TNI Punya Pemimpin Baru! Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Kompas.tv - 18 November 2021, 01:08 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik oleh Presiden Jokowi Sebagai Panglima TNI, menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa purna tugas.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara pada Rabu (17/11/2021) siang dan disaksikan oleh anggota kabinet dan beberapa tokoh nasional lainnya.

Seusai pelantikan, Jenderal Andika Perkasa menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan awak media.

Sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika menyebut akan melanjutkan tugas panglima sebelumnya dengan beberapa perubahan dan evaluasi di beberapa sector.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, ada beberapa poin yang menjadi fokus pembenahan kualitas sumber daya manusia di internal TNI yang harus segera dibenahi.

Tak hanya itu, publik juga menaruh harapan besar pada TNI terlebih lagi terkait hubungan dengan masyarakat.

Baca Juga: Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Dudung Abdurachman Jadi KSAD

Saat ditanya, apa harapan terbesar anda terhadap TNI di masa mendatang?, dari hasil survei Litbang Kompas terlihat 65,8 % masyarakat mengharapkan TNI bisa semakin dekat dengan masyarakat.

Kekuatan militer kian diperhitungkan dunia sebesar 12,3 % dan perluasan jaringan kerjasama militer negara luar sebesar 7 %.

Sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa juga masih harus dihadapkan dengan PR terkait masalah kelompok bersenjata di Papua.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyebut Andika memiliki sejumlah prioritas membangun komunikasi sosial yang lebih baik untuk penyelesaian masalah di Papua.

Sebelum menjabat Panglima TNI, Andika Perkasa adalah Kepala Staf Angkatan Darat atau KSAD.

Andika Perkasa juga pernah menjabat sebagai mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres dan Panglima Kostrad atau Pangkostrad.

Selain pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Presiden Jokowi juga melantik Letnan Jenderal Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angakatan Darat atau KSAD menggantikan Andika Perkasa.

Dengan pelantikannya ini, kini Dudung Abdurachman pun mendapat kenaikan pangkat menjadi Jenderal.

Baca Juga: Ini Ucapan Selamat Kapolri Listyo Sigit ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x