Kompas TV video sinau

Mual dan Pusing Saat Main HP di Mobil Selama Perjalanan? Ternyata Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 19 November 2021, 19:20 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Rasa bosan di perjalanan biasanya akan diatasi dengan mengobrol, mendengarkan musik, atau bermain ponsel. Namun tak jarang, orang akan tiba-tiba merasa mual atau pusing saat sedang bermain ponsel di dalam mobil

Apa yang terjadi dengan tubuh saat main HP di dalam mobil?

Dilansir dari Medical News Today, secara umum kondisi mual dalam kendaraan disebut motion sickness atau mabuk kendaraan. Sementara itu, mual yang diakibatkan oleh bermain ponsel atau gadget lainnya di dalam mobil dikenal dengan istilah digital motion sickness.

Digital motion sickness biasanya terjadi karena ketidakcocokan antara input sensorik yang ada di dalam otak akibat sistem keseimbangan tubuh terpengaruh oleh indera yang menerima banyak perintah.

Saat berada di dalam mobil yang melaju, telinga mendengar suara mesin, tubuh merasakan laju kendaraan, dan mata berfokus pada ponsel.

Baca Juga: Mual dan Pusing Saat Melihat Daging? Kenali Carnophobia atau Fobia Daging

Karena tubuh tidak bergerak namun berpindah, otak menganggap tubuh berada dalam ancaman sehingga otak memberi respon yang ‘salah’ dengan munculnya rasa pusing dan mual.

Rasa pusing dan mual akibat bermain ponsel di dalam mobil dapat diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya dengan coba untuk mengalihkan pandangan dari layar ponsel ke pemandangan di jalan. Cara ini terbilang ampuh untuk mengurangi rasa mual dan membuat otak kita lebih segar.

Selanjutnya, coba untuk istirahat sejenak dengan memejamkan mata atau bisa juga tidur sebentar. Tarik napas panjang untuk menghirup udara segar dan menghentikan aktivitas di ponsel.

Agar rasa mual dan pusing tak semakin parah, mengunyah sesuatu, seperti makan permen membantu meredakan ketidakcocokan antara keseimbangan tubuh dan indera penglihatan selama perjalanan.

Terakhir, ketika sudah merasa sangat mual dan pusing, sebaiknya berhenti main ponsel dan gadget lainnya di dalam mobil yang sedang melaju.

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x