Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Frida Kahlo Terjual Rp497 Miliar

Kompas.tv - 17 November 2021, 18:45 WIB
lukisan-frida-kahlo-terjual-rp497-miliar
Lukisan Diego y yo karya Frida Kahlo saat dipamerkan rumah lelang di New York, Amerika Serikat, pada 5 November 2021. Lukisan ini terjual 497 miliar pada Selasa (16/11/2021). (Sumber: Mary Altaffer/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV - Lukisan potret-diri karya seniman kenamaan Meksiko, Frida Kahlo,  terjual seharga 34,9 juta dolar AS atau 497,2 miliar rupiah, Selasa (16/11/2021). Lukisan ini terjual dalam acara lelang Sotheby di New York, AS.

Lukisan itu bertajuk “Diego y yo” atau “Diego dan aku” dalam bahasa Indonesia. Kahlo melukis potret sendiri serta wajah suaminya, Diego Rivera di dahinya.

Penjualan lukisan ini memecahkan rekor lukisan termahal oleh pelukis Amerika Latin. Harga lukisan “Diego y yo” pun disebut tiga kali lipat dari lukisan termahal Kahlo sebelumnya.

Baca Juga: Waduh, Lukisan Termahal Dunia Milik Pangeran Mohammad Bin Salman Diduga Bukan Karya Da Vinci

“Terjual untuk 31 juta dolar AS dan memecahkan rekor dari setiap lukisan oleh pelukis Amerika Latin,” kata pelelang Oliver Barker ketika mengumumkan pemenang lelang.

Pihak Sotheby menyebut pembeli lukisan ini adalah Eduardo F. Cosntantini, kolektor asal Argentina. Harga asli lukisan adalah 31 juta dolar AS. Sedangkan tambahan 3,9 juta dikenakan untuk menyelesaikan pembeliannya.

Costantini sendiri dikenal suportif terhadap kesenian Amerika Latin. Di Buenos Aires, ia mendirikan museum seni Amerika Latin.

Lukisan “Diego y yo” dibuat Frida Kahlo pada 1949, lima tahun sebelum kematiannya. Lukisan itu disebut menggambarkan hubungan tegang Kahlo dengan suaminya yang juga seniman.

Baca Juga: Sebelas Lukisan Karya Maestro Pablo Picasso Terlelang Senilai Rp1,4 Triliun di Las Vegas


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.