Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Mengenal Gen Kanker Payudara dan Waktu Tepat Periksakan Diri

Kompas.tv - 17 November 2021, 16:15 WIB
mengenal-gen-kanker-payudara-dan-waktu-tepat-periksakan-diri
Kanker payudara adalah jenis kanker paling umum pada wanita setelah kanker kulit. Sebanyak 15% orang dengan kanker payudara disebabkan faktor genetik. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kanker payudara adalah jenis kanker paling umum pada wanita setelah kanker kulit. Sebanyak 15% orang dengan kanker payudara disebabkan faktor genetik atau keturunan.

Peneliti Charis Eng, MD, PhD, menjelaskan apa yang perlu diketahui tentang gen kanker payudara dan pengujian genetik.

Istilah "gen kanker payudara" berarti gen yang ketika bermutasi, meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Mutasi gen ini mematikan beberapa gen alami yang melawan kanker.

“BRCA1 dan BRCA2 adalah gen kanker payudara yang paling umum ketika bermutasi, diikuti oleh mutasi PTEN,” kata Dr Eng, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Tetapi beberapa mutasi gen kanker payudara lainnya ada. Kami mengetahui setidaknya 14 gen yang berbeda saat ini, dan kami juga sedang mengeksplorasi beberapa gen lainnya.”

Mutasi gen tersebut tidak terbatas pada risiko kanker payudara. Beberapa mutasi gen ini juga dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal, kanker rahim/endometrium, melanoma, kanker prostat metastati, kanker ovarium, kanker pankreas, dan kanker tiroid.

“Mutasi gen kanker payudara tidak umum pada populasi umum,” kata Dr Eng.

“Tetapi, mereka umum pada orang yang menderita kanker payudara. Sekitar 10% hingga 15% orang dengan kanker payudara memiliki salah satu mutasi gen kanker payudara.

Baca Juga: Max Sopacua Meninggal Akibat Sakit Kanker Paru

Seseorang dapat mewarisi mutasi gen ini dari salah satu orang tua kandung, dan kanker yang terkait dengannya dapat memengaruhi pria dan wanita.

Siapa yang harus mendapatkan tes genetik kanker payudara?

Jika Anda didiagnosis menderita kanker payudara, tes genetik adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki gen kanker payudara. Tes darah ini memeriksa BRCA1 dan BRCA2, serta gen kanker payudara lainnya.

Anda mungkin memerlukan tes genetik jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara, terutama jika kerabatnya adalah laki-laki atau di bawah usia 45 tahun saat didiagnosis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x