Kompas TV entertainment film

Baru Rilis 2 Minggu, Film India Ini Gusur The Shawshank Redemption di Puncak Top 250 IMDb

Kompas.tv - 17 November 2021, 17:22 WIB
baru-rilis-2-minggu-film-india-ini-gusur-the-shawshank-redemption-di-puncak-top-250-imdb
Poster film Jai Bhim. (Sumber: IMDb)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jai Bhim, film berbahasa Tamil asal India, berhasil mengkudeta film-film klasik di daftar puncak film terbaik versi pengguna IMDb pada pertengahan November 2021. Film ini baru dirilis pada 2 November.

Jai Bhim bercerita tentang kaum Dalit atau pariah, kasta terendah di masyarakat India. Film ini mengisahkan represi dan persekusi atas kaum pariah.

Film Jai Bhim berfokus pada tokoh Chandru, seorang pengacara yang menangani kasus kriminal satu keluarga Dalit. Pengacara itu berusaha mencari keadilan bagi kliennya yang dihukum kendati tak bersalah.

Pengacara tersebut berupaya mencari keadilan bagi keluarga Rajakannu, seorang Dalit yang dituduh mencuri kemudian mati disiksa polisi. Rajakannu dituduh mencuri perhiasan dari rumah orang kaya.

Sebelumnya, ia diminta pemilik rumah untuk mengusir ular. Namun, sehari berselang, istri pemilik rumah kehilangan perhiasan dan polisi menuduh Rajakannu.

Polisi menggeledah rumah Rajakannu. Namun, ia sedang keluar kota waktu penggeledahan.

Polisi pun menangkap istrinya, Sengani yang sedang hamil serta dua saudaranya, Iruttupan dan Mosukutty. Mereka disiksa agar memberitahu keberadaan Rajakannu.

Baca Juga: Teka-teki Trailer 2 Spider-Man: No Way Home, Andrew Garfield dan Tobey Maguire Bakal Muncul?

Polisi akhirnya menangkap tersangka yang mereka cari. Melalui penyiksan, Rajakannu terbunuh dalam penjara dan polisi mereka seolah dia mati karena kecelakaan.

Film Jai Bhim disebut sebagai bagian gerakan baru sinema Tamil yang menyorot represi terhadap kaum Dalit.

“30 tahun terakhir, berawal dari upacara peringatan Ambedkar (tokoh Dalit India) pada 1991, gerakan Dalit telah berkembang di Tamil Nadu,” kata sejarawan film Tamil, S. Theodore Baskaran kepada BBC.

“Ideolog-ideolog Dalit pada abad 20 dihapus dari sejarah. Gagasan-gagasan dari Periyar dan Ambedkar (dua tokoh Dalit) menyebar melalui tulisan-tulisan penulis Dalit. Dekade lalu, sejumlah penulis beralih ke sinema dan membuat film. Namun, mereka masih menggunakan komposisi yang biasanya seperti lagu-lagu, perkelahian, dan melodrama,” imbuh Baskaran.

Jumlah kaum Dalit atau pariah di India mencapai 20% dari total populasi. Hak-hak Dalit pun sudah lama dikampanyekan dan sejumlah tokohnya berperan penting dalam kemerdekaan India.

Akan tetapi, kaum Dalit masih menghadapi persekusi sehari-hari di India.

Film Jai Bhim adalah salah satu film Tamil terkini yang mencoba memotret realitas tersebut. Film ini dirilis secara daring melalui platform Amazon Prime.

Resepesi audiens global atas film ini amat positif. Rata-rata pengguna IMDb menilainya cukup pantas menggusur film klasik seperti The Shawshank Redemption, The Godfather, 12 Angry Men, hingga Pulp Fiction.

Baca Juga: Marak Kejahatan dengan Kostum Joker, Jepang Dikabarkan Bakal Melarang Film Joker

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x