Kompas TV nasional peristiwa

Tersenyum dan Terus Genggam Tangan Istri, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Sampaikan Ini

Kompas.tv - 17 November 2021, 15:16 WIB
tersenyum-dan-terus-genggam-tangan-istri-panglima-tni-jenderal-andika-perkasa-sampaikan-ini
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ditemani Istri dan Anaknya Memberikan Pernyataan Seusai Dilantik Presiden Joko Widodo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dengan tersenyum dan terus menggenggam tangan sang istri, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membeberkan perasaannya untuk mandat baru yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Waduh ini satu kehormatan besar bagi Saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan juga dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa seusai dilantik Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Rabu (17/11/2021).

Dikonfirmasi soal program kerja yang akan dilakukannya dengan jabatan Panglima TNI, Andika menegaskan akan terus melanjutkan kerja-kerja Panglima TNI secara umum sebagaimana tercantum dalam undang-undang.

“Program kerja kita akan melanjutkan secara umum karena memang kita kan sudah dibatasi ruang-ruang di mana tugas-tugas kita tuh sudah juga dicantumkan dalam undang-undang Nomor 34 Tahun 2004,” ujarnya.

Baca Juga: Dihadiri Megawati Soekarnoputri, Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI

“Jadi saya akan terus, tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit perlu evaluasi dan perbaikan sana-sini.”

Andika lebih lanjut mengungkap dirinya mendapatkan pesan khusus dari Presiden Jokowi terkait mandat baru yang diterimanya sebagai Panglima TNI.

Kendati demikian, Andika menolak untuk mengungkapkan apa isi pesan Presiden Jokowi kepadanya.

“Ada, tapi ya itu untuk Saya dengan keluarga Saya, tapi Intinya Saya akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Andika pun berpesan agar seluruh prajurit TNI di seluruh Indonesia menjadi bagian dari kita sendiri.

“Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dari kita semua di tengah keluarga teman maupun sanak saudara kita semua karena kita adalah bagian dari mereka,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun pada 8 November 2021.

Baca Juga: Selain Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Jokowi Juga Melantik Dudung Abdurachman sebagai KSAD

Dibuka dengan iringan lagu Indonesia Raya, pelantikan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Pimpinan DPR, Pimpinan MPR, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 106 TNI tahun 2021, tentang pemberhentian dan pengangkatan panglima Tentara Nasional Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x