Kompas TV nasional politik

Letjen Dudung Abdurachman Jadi KSAD, Pimpinan DPR: Semoga Tetap Jaga Keutuhan NKRI

Kompas.tv - 17 November 2021, 13:02 WIB
letjen-dudung-abdurachman-jadi-ksad-pimpinan-dpr-semoga-tetap-jaga-keutuhan-nkri
Majyen TNI Dudung Abdurachman saat masih menjadi Pangdam Jaya Mayjen tengah memberikan keterangan di Koramil Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (2/9/2020). Hari ini, Rabu 17 November 2021, Letjen Dudung yang sebelumnya sebagai Pangkostrad resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang menjadi Panglima TNI. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan selamat kepada Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman pelantikannya menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu (17/11/2021) siang. 

Politikus Partai Gerindra itu berharap Letjen Dudung dapat membawa terobosan di dalam matra angkatan darat (AD) selepas nanti resmi menjadi jenderal bintang empat. Salah satunya ia berpesan agar Dudung dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. 

"Kami ucapkan selamat bertugas kepada KSAD yang baru, dan semoga Angkatan Darat di bawah kepemimpinan Pak Dudung tetap maju dalam bingkai NKRI menjaga keutuhan negara," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/11/2021). 

Baca Juga: Deret Pernyataan Berani Letjen Dudung Abdurachman, Hadapi Rizieq hingga Gatot Nurmantyo

Sebelumnya sejumlah nama beredar sebagai calon pengganti KSAD Jenderal Andika Perkasa yang akan menjadi Panglima TNI.

Setidaknya terdapat enam Letjen yang kuat akan menjadi orang nomor satu di matra angkatan darat, yakni Letjen Dudung, Kabais TNI Letjen Joni Supriyanto, Danpusterad Letjen Teguh Arief, Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman dan Kasum TNI Eko Margiyono.

"Kita lihat beberapa calon yang kemarin beredar namanya, itu semua memenuhi kualifikasi yang cukup pantas untuk menduduki jabatan KSAD. Namun itu terpulang pada kewenangan Presiden untuk mengangkat KSAD yang baru," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 12 duta besar (dubes) Republik Indonesia untuk negara sahabat, Rabu (17/11/2021).

Pelantikan tersebut dilakukan bersamaan dengan dilantiknya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Baca Juga: Selain Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Jokowi Juga Melantik Dudung Abdurachman sebagai KSAD

Selain itu juga dilantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai KSAD, dan Panglima Kodam V/Brawijaya Mayten TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Keterangan itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Jakarta, Rabu (17/11).

“Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat,” ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.