Kompas TV internasional kompas dunia

Wiski Timah Undang Kontroversi di Malaysia, Disebut Mirip Nama Putri Nabi Muhammad

Kompas.tv - 17 November 2021, 08:39 WIB
wiski-timah-undang-kontroversi-di-malaysia-disebut-mirip-nama-putri-nabi-muhammad
Wiski Timah menjadi kontroversi di Malaysia, karena berapa kelompok menganggap Timah mirip dengan nama putri Rasulullah, Fatimah. Sedangkan gambar pada logonya dianggap mirip umat muslim yang memakai kopiah. Namun hal ini disanggah oleh pihak produsen. (Sumber: whisky.my)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

PETALING JAYA, KOMPAS.TV – Wiski dengan merk dagang Timah mengundang kontroversi di Malaysia.

Pasalnya, beberapa kelompok di Malaysia seperti Parti Islam SeMalaysia (PAS), memprotes penggunaan nama Timah, yang menurut mereka mirip nama putri Nabi Muhammad, Fatimah.

Mereka juga mengkritik potret pada label botol wiski yang menurut mereka mirip pria yang memakai kopiah, yang merupakan topi yang biasa dipakai umat muslim.

Namun demikian, pihak produsen wiski menyebut bahwa merk dagang Timah mengacu pada penambangan timah di Malaya pada masa kolonial. Sedangkan pria di labelnya wiski tersebut adalah Kapten Tristram Speedy, seorang perwira Inggris di Malaya pada masa kolonial Inggris.

Pada 28 Oktober lalu, pabrikan telah meminta waktu seminggu untuk berdiskusi dengan para pemangku kepentingan dan dewan direksi tentang perubahan nama dan gambar label dalam pertemuan dengan beberapa kementerian.

Baca Juga: Seorang Rewaja Tewas Tenggelam di Pemandian Usai Pesta Minuman Keras

Wakil Presiden PAS Idris Ahmad mengatakan, pihaknya telah mengambil sikap tegas dan konsisten terhadap minuman keras.

“Dalam masalah ini, sikap PAS terhadap miras sudah jelas. Kami tidak setuju dengan nama apapun yang digunakan, apakah itu Timah, Dolah atau Wahab,” ujarnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Tidak ada pimpinan partai yang mendukung isu wiski Timah. Sikap kami jelas," kata Idris seperti dikutip harian Melayu Sinar Harian.



Sumber : Channel News Asia

BERITA LAINNYA



Close Ads x