Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Pembudidaya Ikuti Bimbingan Teknis Ekspor Tanaman Hias

Kompas.tv - 16 November 2021, 17:04 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Bimbingan teknis ini digelar Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya. Puluhan pelaku ekspor dari Kediri dan sekitarnya dihadirkan dalam bimbingan ini.

Kegiatan tersebut digelar untuk membantu memperlancar proses ekspor tanaman hias dari para pelaku ekspor. Pasalnya, selama ini tanaman hias dari Indonesia masih ada yang terpaksa dikembalikan, setelah dinilai tidak sesuai dengan aturan negara tujuan.

Di Kediri sendiri ekspor tanaman hias belakangan ini mengalami peningkatan yang pesat. Di tahun 2019, hanya 13 kali pengiriman ekspor.

Namun di tahun 2020, jumlah ekpor tanaman hias mencapai 2700 kali, dengan total uang mencapai 2 milyar lebih. Tren tersebut semakin meningkat di 2021, yang mencapai 15 ribu kali ekspor tanaman hias dengan angka 11 milyar rupiah.

Sementara itu dalam bimtek ekspor tanaman hias itu juga menghadirkan pihak Kantor Pos dan Bea Cukai Kediri. Pihak Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya berharap jumlah pelaku ekspor terus meningkat dan dapat menambah devisa negara.

#kediri #Tanamanhias #Ekspor #Pertanian #Ekonomi #Beritakediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x