Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

10 Manfaat Buah Anggur untuk Tubuh, Termasuk Bantu Kesehatan Otak

Kompas.tv - 16 November 2021, 16:22 WIB
10-manfaat-buah-anggur-untuk-tubuh-termasuk-bantu-kesehatan-otak
Selain rasanya yang disukai banyak orang dan memilki kandungan vitamin C, anggur juga mengandung nutrisi lain seperti antioksidan, vitamin K dan potasium. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Anggur adalah salah satu buah populer yang menjadi favorit sebagian orang karena rasanya yang manis. Anggur juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik.

Selain rasanya yang disukai banyak orang dan memiliki kandungan vitamin C, anggur juga mengandung nutrisi lain seperti antioksidan, vitamin K dan potasium.

“Anggur sangat fantastis karena tidak hanya terjangkau, tetapi juga serbaguna,” kata ahli diet Anthony DiMarino, RD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Anggur dapat digunakan dalam banyak hidangan dan situasi yang berbeda.”

Anggur kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Anggur juga penuh dengan air, yang dapat membantu orang tetap terhidrasi.

Berikut 10 manfaat anggur untuk tubuh:

1. Membantu sistem kekebalan tubuh

Karena anggur adalah sumber vitamin C yang bagus, buah ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi bakteri dan virus seperti infeksi jamur.

Baca Juga: Tertulis dalam Alquran, Ini 5 Manfaat Buah Anggur untuk Tubuh, Bisa Lawan Kanker

“Jika kita memiliki sistem kekebalan yang kuat, tubuh kita lebih mampu melawan dan mencegah penyakit jangka pendek yang tiba-tiba,” kata DiMarino.

2. Mencegah kanker

Penuh dengan antioksidan, anggur dapat membantu melawan radikal bebas, yang merupakan molekul yang dapat merusak sel dan dapat menyebabkan kanker.

“Jadi antioksidan keluar dan mengurangi apa yang kita sebut stres oksidatif untuk membantu mengurangi risiko kanker,” kata DiMarino.

Anggur juga mengandung antioksidan yang disebut resveratrol, yang dapat melindungi terhadap kanker dengan mengurangi peradangan dan menghalangi pertumbuhan sel kanker.

Anggur juga mengandung katekin, quercetin dan anthocyanin, antioksidan lain yang mungkin merupakan kombinasi kuat melawan kanker.

3. Menurunkan tekanan darah

“Anggur sangat rendah sodium,” kata DiMarino.

“Mereka cocok dengan rencana diet rendah sodium yang membantu mengurangi tekanan darah.”

DiMarino mengatakan bahwa anggur juga tinggi potasium, yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah juga.

Jika Anda memiliki asupan kalium yang rendah, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi.

4. Melindungi dari penyakit jantung

Resveratrol mungkin tidak hanya membantu mencegah kanker. Ini juga telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang dietnya memiliki lebih banyak potasium daripada sodium, berisiko lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung daripada individu yang tidak memiliki banyak potasium dalam makanan mereka.

5. Menurunkan kolesterol tinggi

Anggur juga mengandung banyak serat, menjadikannya pilihan yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x