Kompas TV nasional politik

Kilang Minyak kembali Terbakar, Wakil Ketua DPR Duga Pertamina Abaikan Rekomendasi Komisi VII

Kompas.tv - 16 November 2021, 13:01 WIB
kilang-minyak-kembali-terbakar-wakil-ketua-dpr-duga-pertamina-abaikan-rekomendasi-komisi-vii
Kobaran api melalap kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11/2021) malam sekitar pukul 19.18 WIB. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menduga PT Pertamina tak menjalankan rekomendasi dari jajaran Komisi VII karena kembali terjadi peristiwa kebakaran kilang minyak milik perusahaan pelat merah tersebut. 

Dalam setahun, setidaknya sudah ada tiga kejadian kebakaran kilang Pertamina. Pada 29 Maret 2021, terjadi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang cukup besar sehingga proses pemadamannya memakan waktu hingga dua hari.

Baca Juga: Kapolda Jawa Tengah Sampaikan Sebab Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap, Berikut Infromasinya

Kemudian kebakaran kilang minyak milik Pertamina terjadi di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pada 11 Juni 2021. 

Kebakaran kilang minyak Cilacap Pertamina kembali terjadi pada Sabtu (13/11/2021) tepatnya di Refinery Unit (RU) IV Tangki 36T-102 yang berisi komponen Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter.

"Nah, kemudian saat ini terjadi lagi. Oleh karena itu, saya rasa komisi terkait akan menanyakan bahwa pertemuan yang lalu itu hasilnya apakah dijalankan, atau bagaimana? Karena terjadi lagi," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Politikus Partai Gerindra itu meminta agar Pertamina untuk segera menginventarisasi kilang minyak milik Pertamina secara menyeluruh yang ada di kawasan Indonesia. 

"Kilang minyak ini jumlahnya ribuan. Bukan hanya di Cilacap. Oleh karena itu nanti kita minta Pertamina, juga untuk melalukan inventarisasi. Mana kilang minyak yang dalam keadaan status merah, kuning, atau hijau. Untuk antisipasi," ujarnya. 

Baca Juga: Puan Geram Mendengar Kilang Minyak Pertamina kembali Terbakar

Ia mengaku enggan menanggapi ihwal berbagai spekulasi atau narasi yang beredar di masyarkat ihwal dugaan penyebab kebakaran kilang minyak tersebut. 

"Saya nggak ada tanggapan. Karena itu kita menduga-duga, itu terjadi kesengajaan. Sementara ini belum tahu, sebab ledakan yang ada pada saat ini itu bagaimana," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Tengah masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran satu tangki pertalite di kilang minyak Pertamina, Cilacap, pada Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga: PDIP: Kalau Kebakaran Kilang Minyak Cilacap yang Disalahkan Petir, Dari Dulu Sudah Ada Petir

Hingga kini pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tangki tersebut. Dugaan sementara, Polisi menduga api muncul akibat dari sambaran petir.

"Untuk sementara menduga kebakaran akibat adanya induksi sambaran petir sehingga mengakibatkan kebakaran," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Senin (15/11/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x