Kompas TV nasional aiman

Siapa Menteri Siap-Siap Jadi Capres?

Kompas.tv - 16 November 2021, 11:01 WIB
siapa-menteri-siap-siap-jadi-capres
Ilustrasi. Presiden RI, Joko Widodo memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri sebelum pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Sejumlah menteri Jokowi dikabarkan akan bertarung dalam Pilpres 2024. (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV-- Bukan hal mustahil, karena ada 3 golongan yang diprediksi akan mengisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Siapa mereka, dan seberapa besar peluangnya?

Sebelum kita bicara 3 golongan ini. Saya ingin berfokus pada salah satu golongan yang punya peluang besar maju Pilpres 2024.

Mereka adalah para pejabat pusat, pimpinan lembaga tinggi negara, termasuk di dalamnya adalah Menteri di dalam kabinet Joko Widodo (Jokowi). Mengapa?

Baca Juga: Siapa Untung Besar di Balik Tes PCR?

Pro-Kontra Menteri Nyapres Sejak Dini
Ada panggung yang bisa mereka gunakan untuk menujukan kinerja, sekaligus mempromosikan kiprah - kiprah mereka. Meski ada etika yang tetap harus terjaga. Sekali terpeleset, sekian waktu akan terus teringat.

Kita mulai dari pernyataan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, yang menyitir kabarnya pernyataan Presiden Jokowi.

“Tidak ada masalah, artinya begini, Presiden memberikan kebebasan kepada semua menterinya untuk melakukan menaikkan popularitas dan elektabilitas,” ujar Muzani di Gedung DPR kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Ada pro dan kontra di dalam pendapat tersebut.

Yang pro misalnya menyebutkan, bahwa menteri dibebaskan maju kontestasi sejak jauh - jauh hari, justru positif, karena sang menteri akan menjaga diri dari keburukan dan justru meningkatkan kinerja agar mulus terlihat rakyat.

Sementara yang kontra menyebutkan, bahwa menteri yang bakal nyapres sejak jauh - jauh hari, akan memengaruhi kinerjanya karena tidak fokus membantu Presiden menyelesaikan masalah - masalah yang ada, terlebih masih ada tugas berat di masa pagebluk Covid-19.

Anda termasuk yang mana? Bebas, sah - sah saja. 

Baca Juga: Kata Inisiator LAB GSI, Soal Pejabat Bisnis PCR - AIMAN

Siapa Menteri Layak Capres Versi Survei? 
Jika berbicara menteri yang bakal maju Pilpres, maka sejumlah survei telah memetakannya.

Survei Litbang Kompas misalnya, yang digelar pada Oktober 2021 lalu, menempatkan 4 nama menteri, di antaranya Prabowo Subianto (Menhan), di tempat paling atas, lalu ada Tri Rismaharini (Mensos), Sandiaga Uno (Menparenkraf), dan Mahfud MD (Menkopolhukam).

Sementara mundur beberapa bulan ke belakang, Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), menempatkan 6 menteri yang dianggap layak maju Pemilihan Presiden, berdasarkan survei jajak pendapat responden. 

Keenamnya adalah sesuai urutan perolehan suara di survei itu, adalah Sandiaga Uno, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Tri Rismaharini, Sri Mulyani, dan Erick Thohir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.