Kompas TV nasional sosial

84 Sekolah Ikuti IPEKA Games 2021: DAUNTLESS, Ada dari Mancanegara

Kompas.tv - 16 November 2021, 03:05 WIB
84-sekolah-ikuti-ipeka-games-2021-dauntless-ada-dari-mancanegara
Sekolah Kristen IPEKA Tomang kembali menggelar IPEKA Games pada 1 hingga 12 November 2021, dengan tema “DAUNTLESS”. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sekolah Kristen IPEKA Tomang kembali menggelar IPEKA Games pada 1 hingga 12 November 2021, dengan tema “DAUNTLESS”.

IPEKA Games merupakan tempat penyaluran bakat, yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, dengan lomba dari bidang olahraga hingga seni.

Kegiatan itu juga merupakan sarana untuk mengembangkan soft skill dalam berorganisasi dan berpikir kreatif.

Dalam keadaan pandemi saat ini, IPEKA Games 2021 dilaksanakan dengan mengusung konsep design thinking. Dipadu dengan konsep virtual reality. Lebih dari 400 peserta dari 84 sekolah dari Sumatera sampai Papua, bahkan mancanegara mengikuti kegiatan ini.

“DAUNTLESS” menggambarkan keberanian dan semangat perjuangan menghadapi tantangan zaman. Diharapkan melalui kegiatan ini setiap peserta dapat semakin inovatif menghadapi tantangan zaman kedepannya.

Inovasi di Tengah Pandemi

Mengusung konsep design thinking, Sekolah Kristen IPEKA Tomang menjadi salah satu contoh inovasi pendidikan. Murid disediakan tempat untuk berkarya di masa pandemi ini.

Sekolah Kristen IPEKA Tomang kembali menggelar IPEKA Games pada 1 hingga 12 November 2021, dengan tema “DAUNTLESS”. (Sumber: Istimewa)

Design Thinking adalah proses di mana kita secara berulang berusaha memahami pengguna, menantang asumsi, dan mendefinisikan kembali masalah dalam upaya mengidentifikasi strategi dan solusi alternatif yang mungkin tidak langsung terlihat dengan tingkat awal pemahaman kita.

“Acara ini bukan sekedar acara kompetisi atau pertandingan, namun juga edukatif melalui workshop dan seminar-seminar. Melalui kompetisi, workshop maupun seminar yang diadakan, kami rindu dapat menolong peserta untuk meningkatkan kreativitasnya, belajar berinovasi, dan dapat berpikir kritis untuk sebuah kebaikan,” kata Pdt. Handojo, selaku Chief Executive Officer of IPEKA, melalui keterangan tertulis.

Bukan Sekedar Kompetisi Biasa

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, IPEKA Games 2021 yang dilaksanakan secara online membuka kesempatan peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara untuk berpartisipasi.

Untuk tingkat SMP dan SMA, panitia menyediakan 6 lomba, yaitu Brand Communication, Model United Nations, Model of Republik Indonesia, Start It Up, Comic Strip, dan aransemen lagu.

Lomba Head & Brains, Poster, InDANCEnesia, dan vlog khusus untuk kalangan SMP. Serta lomba Storytelling dan Drawing untuk kalangan SD.

Perlombaan IPEKA Games 2021 menjunjung tinggi penilaian proses. Tahapan yang dilalui tidak berlangsung secara instan, tetapi berproses menjadi karya yang berkualitas.

Bekerja sama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), IPEKA Games 2021 menyediakan workshop untuk lomba Comic Strip dan Brand Communication. Selain itu, ada khusus mentoring untuk lomba Start It Up.

Design thinking merupakan sebuah framework for innovation. Kita berharap dengan proses ini kita dapat menjawab panggilan ilahi dan menjawab tantangan zaman. Dengan mengembangkan setiap talenta yang telah Tuhan anugerahkan, kita percaya murid-murid dapat bertumbuh sesuai dengan panggilannya,” ucap T Setiawan selaku Kepala SMAK IPEKA Tomang dalam sambutan di acara opening IPEKA Games 2021 pada tanggal 1 November 2021 lalu.

Seluruh kegiatan dan hasil karya peserta dapat diakses melalui laman https://bit.ly/IPEKAGames2021

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x