Kompas TV nasional hukum

Maskur Husain Alirkan Uang dari Azis Syamsuddin hingga ke Pemandu Karaoke di Mangga Besar

Kompas.tv - 15 November 2021, 21:21 WIB
maskur-husain-alirkan-uang-dari-azis-syamsuddin-hingga-ke-pemandu-karaoke-di-mangga-besar
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Menggunakan Rompi Tahanan KPK, Sabtu (25/9/2021) (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV- Saksi di persidangan Stepanus Robin Pattuju, Maskur Husain, mengaku uang dari Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado terkait perkara di Lampung Tengah mengalir ke pemandu karaoke di Mangga Besar, Jakarta Barat.

“Dan ada juga saksi gunakan penyanyi di kafe?” tanya jaksa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (15/11/2021).

“Ya,” jawab Maskur.

Sebelum membagikan kepada penyanyi, Maskur menerima uang dalam bentuk tunai sebesar Rp1 Miliar yang diambil dari rumah Azis Syamsuddin.

“Kemudian pada BAP 20 saudara mengatakan pada September 2020 pada intinya saksi bertemu dengan Robin, Robin mengatakan uang pengurusan Azis dan Aliza sudah diambil yang bersangkutan di rumah Azis dan saksi sepakat bertemu di Borero, saksi terima Rp1 miliar dalam bentuk cash benar?” tanya jaksa.

“Ya benar,” jawab Maskur.

Baca Juga: KPK Dalami Peran Azis Syamsuddin dalam Pengurusan DAK Lampung Tengah

Setelah itu, Maskur mengirimkan uang Rp200 juta ke rekeningnya dan ke rekening anaknya di Sukabumi dan Amanda sebesar Rp50 juta, sedangkan sisanya Rp800 juta disimpan.

Dalam persidangan, Jaksa juga mengonfirmasi Maskur soal kesepakatan antara Robin, Azis, dan Aliza di perkara Lampung Tengah. Disebutkan berdasarkan BAP No 74, jumlah penanganan perkara untuk Lampung Tengah yang disepakati adalah Rp3,15 miliar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.