Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Tips Ampuh agar Anak Tetap Mengenakan Masker di Luar Rumah

Kompas.tv - 15 November 2021, 20:12 WIB
5-tips-ampuh-agar-anak-tetap-mengenakan-masker-di-luar-rumah
Saat pandemi COVID-19 berlanjut, orang tua mungkin kesulitan untuk membiasakan anak mengenakan masker, terutama saat anak-anak belajar tatap muka. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Saat pandemi Covid-19 berlanjut, orang tua mungkin kesulitan untuk membiasakan anak mengenakan masker, terutama saat anak-anak telah kembali melaksanakan sekolah tatap muka.

Psikolog anak, Emily Mudd, PhD, memberikan tips agar anak tetap mengenakan masker selama mereka beraktivitas.

“Perubahan perilaku yang berkelanjutan merupakan tantangan bagi siapa saja, dan pada titik ini, anak-anak dan orang dewasa mungkin menghadapi kelelahan terkait dengan tindakan pencegahan pandemi,” kata Dr Mudd.

Untuk membantu anak-anak memahami pentingnya penggunaan masker, hubungkan praktik tersebut dengan tindakan penyelamatan jiwa lain yang dilakukan anak. Misalnya, mengenakan sabuk pengaman atau helm, melihat ke dua arah sebelum menyeberang jalan, dan sebagainya.

“Meskipun perilaku ini membutuhkan waktu lebih lama, mereka layak untuk menyelamatkan nyawa,” kata Dr Mudd, seperti dilansir Clevelnd Clinic.

Baca Juga: Gibran Geram Guru Tak Bermasker Saat PTM

Buat Masker Jadi Menyenangkan

Untuk meningkatkan keberhasilan penggunaan masker untuk anak di tempat umum, ada baiknya untuk membuat masker menjadi menyenangkan.

“Buat anak Anda tetap antusias mengenakan masker dengan melibatkan mereka dalam prosesnya,” kata Dr Mudd. “Buatlah menyenangkan!”

Tips agar Anak Mengenakan Masker

Berikut 5 tips untuk membiasakan anak mengenakan masker:

1. Sesuaikan masker

Beri anak-anak masker yang bisa mereka hias, yang akan meningkatkan kesempatan mereka untuk memakainya.

Beli masker berwarna netral, dan biarkan anak Anda menghiasnya sesuka mereka — dengan gambar, glitter, stiker, atau apa pun yang mereka suka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.