Kompas TV regional update corona

Pemerintah Targetkan Vaksin Anak Paling Cepat Januari-Februari 2022

Kompas.tv - 15 November 2021, 16:55 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar baik bagi orang tua yang menanti waktu vaksinasi Covid-19 untuk anak!

Pemerintah menargetkan paling cepat Januari atau Februari 2022, vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 6 hingga 12 tahun akan segera dimulai.

Di tengah kekhawatiran orangtua atas aktivitas sekolah tatap muka yang sudah mulai berjalan di sejumlah daerah, pemerintah akhirnya memberi gambaran pasti waktu vaksinasi Covid-19 untuk anak.

Sejauh ini, jenis vaksin yang sudah mendapat izin penggunaan darurat dari badan POM untuk anak usia 6 hingga 12 tahun adalah vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Namun, ke depannya, Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI menyatakan jenis vaksin bisa bertambah.

Melihat perkembangan izin penggunaan vaksin untuk anak di negara lain, seperti Uni Emirat Arab yang menggunakan vaksin Sinopharm dan Amerika Serikat yang menggunakan vaksin Pfizer.

Pasalnya, dengan tambahan sasaran vaksinasi anak usia 6 sampai 12 tahun, pemerintah juga mencari tambahan stok vaksin.

Baca Juga: Vaksinasi Door To Door

Kini, pemerintah tengah menyusun petunjuk teknis bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Hal ini dilakukan supaya dapat segera menentukan syarat skrining penerima vaksin bagi anak-anak yang memiliki kondisi khusus, seperti kelainan jantung, kanker, atau penyakit bawaan lain.

Menurut rencana, pemberian vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 12 tahun juga akan dilakukan di sekolah-sekolah, seperti vaksinasi rutin lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.