Kompas TV olahraga kompas sport

Manajemen Mandalika Dinilai Kurang Pengalaman, Marshall Dipersoalkan

Senin, 15 November 2021 | 16:28 WIB
manajemen-mandalika-dinilai-kurang-pengalaman-marshall-dipersoalkan
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Direktur Operasional Sirkuit Sentul Rio Sarwono menyebut bahwa ada banyak persoalan yang menyebabkan Balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada Minggu (14/11/2021) resmi ditunda pekan depan.

Adapun persoalan Marshall yang disebut sebagai salah satu alasan penundaan kegiatan, kata Rio, hanya dijadikan sebagai kambing hitam.

Sebab, sebetulnya inti permasalahan terletak pada manajemen yang belum berpengalaman.

"Memang kita semua sudah memprediksi hal ini akan terjadi karena, mohon maaf, manajemennya belum mempunyai pengalaman. Dan, menurut kami itu, masalah Marshall hanya salah satu dari masalah-masalah lain yang masih ada. Tapi yang dikambinghitamkan adalah masalah Marshall," kata Rio Sarwono, Senin (15/11/2021).

Dalam hal ini, Rio menyoroti salah satu akibat dari pengalaman manajemen yang kurang menyebabkan tidak terkelolanya Sumber Daya Manusia (SDM) dengan baik, yakni Marshall yang diambil dari putra daerah.

Baca Juga: Kualitas Marshall Jadi Penyebab IATC Mandalika Ditunda, Gubernur NTB: Evaluasi untuk WSBK dan MotoGP

Menurut dia, marshall yang diambil dari putra daerah bukan masalah, tetapi seharusnya kekurangan dan kelebihan perlu diketahui oleh pihak manajemen.

Terlebih soal kualitas marshall yang dikeluhkan dan menjadi satu faktor penundaan balapan IATC.

"Masalah SDM kan bagaimana kita mengelola SDM-nya. Kita harus mengetahui SDM soal kelebihan dan kekurangannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Rio yang juga pernah terlibat dalam penyelenggaraan GP Indonesia pada 1996 dan 1997 serta Superbike (WSBK) pada 1994-1997 menyebut, seharusnya jika persoalan berkaitan dengan SDM yang belum terlatih, hal tersebut harus diantisipasi oleh Manajemen Sirkuit Mandalika.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Kompas.id



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19