Kompas TV regional berita daerah

Warga Desa di Sragen Tak Lagi Susah Sinyal

Kompas.tv - 15 November 2021, 14:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Susah sinyal kini tidak lagi dirasakan oleh warga desa di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Dengan melakukan terobosan memasang jaringan internet secara mandiri, sekitar 204 rumah warga kini bisa menikmati internet secara mudah.

Desa Ngargotirto, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, layak disebut sebagai Desa Internet. Terobosan Pemerintah Desa (Pemdes) mengelola internet secara mandiri, membuat 204 rumah warga kini tersambung jaringan internet secara pribadi.

Inovasi ini muncul ketika koneksi internet sulit dijangkau warga desa. Adanya jaringan internet yang bagus, memiliki andil besar dalam upaya meningkatkan perekonomian warga. Kurang satu bulan mendapatkan akses internet dengan mudah. Sebagian warga kini sukses memasarkan produk UMKM hingga ke luar kota. Sementara itu anak-anak tidak lagi kesulitan untuk mengikuti sekolah daring di masa pandemi Covid-19.

"Anak-anak sekarang sudah bisa mengakses dengan adanya internet ini sangat membantu selaku. Kami selaku usaha sangat terbantu sekali, selain murah juga sangat bagus" ujar Sukimin, warga Desa Ngargotirto

"Sekarang ada internet desa ini jadi lebih hemat, cuma 100 ribu perbulan" ungkap Dela Puspitasari, warga Desa Ngargotirto

Dengan biaya cukup terjangkau Rp 100.000,-/bulan, warga sudah mendapatkan akses internet dengan mudah dan cepat. Rencananya jaringan internet akan terus ditambah ke pelosok desa di Kabupaten Sragen, dengan tujuan meningkatkan perekonomian warga melalui bisnis online.

#sragen #internet #pandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x