Kompas TV nasional peristiwa

Soal Audit LSM, Jubir Luhut : LSM Juga Harus Transparan

Kompas.tv - 15 November 2021, 14:28 WIB
soal-audit-lsm-jubir-luhut-lsm-juga-harus-transparan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS. TV - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mewacanakan perlunya audit kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM). Juru Bicara Luhut Binsar, Jodi  Mahardi menyatakan bukan pemerintah saja yang dituntut transparan, namun pihak LSM pun harus transparan mengenai asal usul dan penggunaan dananya.

"Pemerintah dalam hal ini dituntut untuk selalu transparan, begitu juga dengan para LSM," ujar Jodi  dalam video yang diterima KOMPAS TV, Senin (15/11/2021).

Dia menyatakan masyarakat juga berhak untuk mengetahui soal LSM. Menurutnya transparansi yang harus dibuka LSM ialah mengenaiistruktur organisasi serta asal-usul atau sumber dana LSM.

"Karena transparansi tersebut kita pahami berlaku dua arah," tuturnya. 

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Akan Audit LSM yang Sebarkan Berita Bohong

 

Dia mengatakan masyarakat perlu mengetahui apakah sebuah LSM mendapat pendanaan dari pihak asing. 

"Masyarakat berhak mengetahui  memproleh transparansi mengenai struktur dan penggunaan dana LSM  tersebut. apalagi jika diperoleh dari pihak asing," ujarnya. 

Baca Juga: Mahfud MD soal Dugaan Bisnis PCR Luhut dan Erick: Silakan Diteliti, Dihitung, Diaudit

Menurutnya keterbukaan dana LSM juga sejalan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Selain itu juga telah ada imbauan DPR sebelumnya mengenai pendanaan dari pihak asing untuk organisasi yang berada di INdonesia. 

"LSM juga harus patuh kepada undang-undang dan peraturan yang berlaku," paparnya. 

Diberitakan sebelumnya Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan mengaudit LSM di Indonesia. Luht menilai banyak LSM menyebarkan berita tak benar. 

Baca Juga: MAKI Siap untuk Diaudit Pemerintah, Segera Kirim Surat ke Luhut

 

Menurut Luhut banyak lembaga swadaya masyarakat menyebarkan berita tajk benar menyebabkan pemerintah akan mengaudit LSM atau NGO tersebut.

 

Pemerintah, katanya siap mengadu bukti dan data dengan LSM. Bahkan semua informasi ini dapat dengan mudah diakses oleh siapapuun.

Wacana audit dilontarkan setelah Greenpeace dinilai menyebarkan berita bohong soal deforestasi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.