Kompas TV regional berita daerah

Terima Hibah Kapal Pinisi dari WWF, Universitas Pattimura Lanjutkan Misi KM Gurano Bintang

Senin, 15 November 2021 | 12:42 WIB
terima-hibah-kapal-pinisi-dari-wwf-universitas-pattimura-lanjutkan-misi-km-gurano-bintang
Universitas Pattimura, Maluku mendapat hibah kapal pinisi bernama Kapal Motor Gurano Bintang dari WWF. (Sumber: Kompas.tv/WWF)

MALUKU, KOMPAS.TV – Yayasan WWF Indonesia menghibahkan kapal pinisi bernama Kapal Motor Gurano Bintang (KM Gurano Bintang) kepada Universitas Pattimura, Maluku.

Kapal tersebut  akan menjadi armada pusat kemaritiman dan kelautan untuk mendukung mobilitas kegiatan penelitian, pendidikan dan pengajaran, serta pelayanan kesehatan di pulau-pulau kecil di Maluku.

Selain itu, harapannya armada ini juga dapat menjadi tempat belajar bagi mahasiswa untuk menguak potensi alam Indonesia timur untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (SDGs 4), yaitu pendidikan untuk semua.

Rektor Universitas Pattimura Saptenno menyampaikan terima kasih dan sangat menghargai hibah kapal pinisi Gurano Bintang tersebut.

“Ini akan melengkapi armada laut kami untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan laut Indonesia yang begitu luas, sehingga dibutuhkan kemitraan yang saling mendukung untuk bisa menjaga agar sumber pangan kita tetap lestari,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima KompasTV, Senin (15/11/2021).

Sementara, Plt. CEO Yayasan WWF Indonesia Aditya Bayunanda mengatakan, Universitas Pattimura dengan Yayasan WWF Indonesia telah bekerja sama erat sekali untuk konservasi ekosistem dan fauna laut di berbagai bentang laut di wilayah timur Indonesia, seperti di Laut Aru, Laut Arafura, Seram Timur dan Kepulauan Kei.

Baca Juga: Fakta Menarik Kapal Pinisi, Warisan Budaya Nusantara

“Kami senang sekali karena KM Gurano Bintang dapat meneruskan dan memperluas misinya dengan menjadi bagian dari tim Universitas Pattimura. Ini menjadi perwujudan Yayasan WWF Indonesia dalam mendukung program pemerintah Indonesia dalam bidang Pendidikan melalui kampus merdeka dan merdeka belajar, juga tentunya pengembangan riset konservasi alam,” terangnya.

KM Gurano Bintang

Universitas Pattimura, Maluku mendapat hibah kapal pinisi bernama Kapal Motor Gurano Bintang dari WWF. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

KM Gurano Bintang sebelumnya beroperasi di wilayah Papua Barat, mengemban misi mendukung pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Nabire, dan Tambraw melalui kegiatan edukasi dan pelayanan kesehatan, serta mendukung pengelolaan Taman Nasional Teluk Cenderawasih dalam kegiatan pengamatan, penelitian, dan survei ekologi.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:15
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19