Kompas TV regional peristiwa

Gubernur Kalbar Beber Perkebunan Kelapa Sawit Jadi Penyebab Banjir Berminggu-minggu di Sintang

Kompas.tv - 15 November 2021, 09:59 WIB
gubernur-kalbar-beber-perkebunan-kelapa-sawit-jadi-penyebab-banjir-berminggu-minggu-di-sintang
Aktivitas masyarakat di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, lumpuh total akibat banjir. Total 22 desa di Kecamatan Serawai, terendam banjir dari total 38 desa. Masyarakat saat ini ada yang bertahan di rumah berlantai dua, ada pula yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. (Sumber: Tribunnews.com/Ist)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

SINTANG, KALBAR - Banjir di wilayah Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), sudah memasuki pekan ke-empat dan ribuan warga masih mengungsi serta dua warga dikabarkan meninggal dunia.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menduga banjir akibat luapan Sungai Kapuas tersebut akibat pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam masa lalu, salah satunya pemberian konsesi berlebih kepada perkebunan kepala sawit. 

"Kita akui atau tidak, itu [Banjir Sintang - red] adalah kesalahan menajemen dari pemenfaatan hutan masa lalu, seperti pemberian konsesi hutan tanaman industri yang berlebih dan tidak terkontrol," kata Sutarmidji dalam program Sapa Indonesia Pagi Kompas.TV, Senin (15/11/2021). 

"Kayunya ditebang, dia tidak tanam kembali, itu salah satunya. Ini, kan, manajemen masa lalu," ujarnya.

Baca Juga: TOP 3 NEWS: Api di Tangki Kilang Padam, Banjir 1,5 Meter di Sintang, Greenpeace Dipolisikan

Kendati begitu, Sutarmidji mengakui bahwa perkebunan kelapa sawit juga dibutuhkan untuk lapangan kerja, tapi mesti juga dibarengi dengan pemulihan hutan akibat deforestasi. 

Kata Sutarmidji, Kalbar diberikan sekitar 2,8 juta hektare untuk konsesi perkebunan sawit dan baru ditanami sekitar 1 juta hektare. 

"Nah, seharusnya yang belum ditandatangani ini harus ditarik kembali hak konsesinya kemudian dilakukan penanaman pohon besar-besaran," kata Sutarmidji.

Ia mengilutrasikan bahwa hujan mestinya melalui pohon dulu baru ke tanah, tapi kalau kelapa sawit semua tanah tidak mampu menampung air. Akhirnya meluap menjadi banjir.

Menurutnya, yang sangat diperlukan ke depan adalah tata kelola lingkungan yang baik serta pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. 

"Siapa pun, negara mana pun yang bisa menjaga ekosistem wilayahnya, itulah yang akan menguasai duia ini," ucap Sutarmidji.

Baca Juga: Banjir Sintang Belum Surut, BPBD Buka Lima Pos Lapangan

Sebelumnya, Sutarmidji mengusir 20 perwakilan perusahaan sawit di Kantor Gubernur Kalbar saat dirinya meminta bantuan dari mereka. Sebab para perwakilan perusahaan sawit tersebut menolak membantu korban banjir.

“Kemarin saya undang sekitar 20 perusahaan perkebunan sawit untuk membantu saudara kita yang terdampak banjir, tapi mereka enak saja menjawab perusahaan mereka tidak di lokasi banjir,” tutur Sutarmidji pada Selasa (9/11/2021).



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x