Kompas TV internasional kompas dunia

Nyeri Punggung, Ratu Elizabeth Absen dari Upacara Hari Pahlawan

Kompas.tv - 14 November 2021, 21:02 WIB
nyeri-punggung-ratu-elizabeth-absen-dari-upacara-hari-pahlawan
Ratu Inggris Raya Elizabeth II. Ratu Elizabeth batal menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan Inggris Raya, Minggu (14/11/2021), karena nyeri punggung. (Sumber: AP Photo/Frank Augstein, Pool, File)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Ratu Inggris Raya Elizabeth II tak hadir dalam peringatan Hari Pahlawan Inggris atau Remembrance Day di London, Minggu (14/11/2021). Pihak istana menyebut ratu terpaksa absen karena nyeri punggung.

Istana Buckingham menyatakan Ratu Elizabeth “berkeinginan kuat” untuk menghadiri upacara. Namun, kondisi fisik memaksanya istirahat.

Menurut laporan media Inggris, nyeri punggung ini tak terkait dengan kondisi medisnya beberapa pekan belakangan. Setelah dilakukan pengecekan medis pada akhir Oktober lalu, Ratu Elizabeth diminta istirahat selama dua minggu oleh dokter.

“Sang Ratu, merasa nyeri punggung, memutuskan dengan penuh penyesalan pada pagi ini bahwa dia tidak bisa menghadiri upacara Remembrance Sunday di Cenotaph,” kata pejabat kerajaan dikutip Associated Press.

Baca Juga: Ratu Inggris Elizabeth II Diminta Istirahat Selama Dua Minggu oleh Dokter Kerajaan

Ratu Elizabeth sendiri sempat menginap di rumah sakit pada akhir Oktober lalu. Dokter pun memintanya istirahat dua minggu dan hanya menjalankan aktivitas ringan.

Kondisi medis membuat Ratu Elizabeth batal menghadiri sejumlah acara penting seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Mulanya, saat peringatan Hari Pahlawan Inggris Raya, Ratu Elizabeth dijadwalkan menyaksikan upacara di tugu pahlawan Cenotaph dari balkon gedung.

Ratu Elizabeth sendiri terjun langsung ke Perang Dunia Kedua sebagai sopir militer, mekanik, serta kepala angkatan bersenjata Inggris Raya.

Baca Juga: Kenang Militer Inggris yang Gugur di Perang Dunia I dan II, Prabowo Hadiri Remembrance Sunday


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x